LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Toboali BANGKA SELATAN - Bupati Bangka Selatan (Basel) Justiar Noer, bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan, menghadiri acara Pekan Panutan, yang berlangsung di Aula Komplek Kantor Kabupaten Bangka Selatan, Senin (19/3/2018), yang dihadiri juga oleh tokoh masyarakat serta para wajib pajak di Bangka Selatan.

Diawal sambutannya, M. Dahlan Saleh yang mewakili Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung (DJP Sumsel-Babel), menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Basel atas terlaksananya Pekan Panutan ini.

Dahlan berharap, kepatuhan masyarakat di Bangka Selatan dalam membayar dan melaporkan kewajiban perpajakannya dapat meningkat.

"Peran serta masyarakat dalam membangun daerahnya, khususnya dan negara Indonesia sangat diperlukan. Jangan jadi free rider atau nak lemak dewek. Tidak mau berkontribusi ikut membayar pajak dan hanya mau menikmati hasil pembangunan dan subsidi, serta kemudahan yang disediakan pemerintah. Payo begancang melaporkan SPT. Semua wajib pajak berkewajiban untuk lapor SPT dengan benar, lengkap dan jelas," tegasnya.

Dia menambahkan, keterbukaan informasi keuangan untuk tujuan perpajakan, Ditjen Pajak akan menerima data keuangan dari bank dan lembaga keuangan lainnya. Dengan harapan, masyarakat dapat melaporkan SPT-nya dengan benar, lengkap dan jelas. Selain itu, Dia juga mengharapkan setelah diresmikannya KSWP oleh Bupati, kepatuhan pelaporan kewajiban perpajakan juga dapat meningkat.

"Setiap permohonan perijinan dari masyarakat, harus dikonfirmasi validitas NPWP-nya dan pelaporan SPT-nya. Ini merupakan program nasional sebagai tindak lanjut INPRES Nomor 10 tahun 2017," terangnya.

Dahlan menjelaskan, sudah banyak instansi perijinan yang menerapkan KSWP. Misalnya, kementerian perdagangan dan yang terakhir, adalah BPN. Dia pun mengatakan, pelaksanaan KSWP di Bangka Selatan dipantau pula oleh pemerintah pusat, sehingga jika ada kesulitan yang dihadapi dapat dikordinasikan langsung dengan KP2KP Toboali, KPP Bangka atau Kanwil DJP Sumsel-Babel.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, menyambut baik acara pekan panutan tersebut. Diakuinya, pekan panutan ini dapat mengingatkan atas kewajiban pelaporan pajak, serta dapat berkontribusi untuk menunjang pembangunan negara.

"Pembangunan dan gaji didapat dari pajak, kontribusi waiib pajak. Pembangunan perlu dana yang besar. APBD tersendat, efisiensi diperlukan dan kontribusi diperlukan. Mudah-mudahan, pajak Basel juga cukup besar untuk menjadikan Basel, sebagai pionir untuk pembayaran pajak," harapnya.

Bupati mengatakan, pembangunan infrastruktur akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di suatu daerah. Dia pun sangat berharap besarnya partisipasi dari para wajib pajak di Bangka Selatan.

"Pembangunan itu butuh dana. Berkontribusilah dengan bayar pajak. Demi tanggungjawab kita yg menikmati dan memberi balik kepada negara. Penuhi kewajiban baik pribadi atau atasan di instansi masing-masing. Jadi teladan bagi anak buahnya dan mengingatkan bila ada yang belum. Sebentar lagi akan dekat batas waktu. Di tengah kesibukan kerja, Jangan lupa, untuk segera lapor sebelum 31 Maret. Laporlah SPT secara online dengan E-Filing, karena aman mudah dan nyaman," tegasnya.

Justiar menghimbau setiap wajib pajak (WP), untuk melaporkan kewajiban pajaknya secara benar lengkap dan jelas. Dan pada kesempatan tersebut, sekaligus juga meresmikan Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP).

"Saya berpesan bagi wajib pajak yang belum bayar pajak, agar melakukan kewajibannya sebagai Warga Negara secara bersama-sama sesuai dengan porsinya masing-masing," pesannya.

Dia menambahkan dengan KSWP, validasi dapat dilakukan secara online untuk setiap ijin usaha pertambangan, trayek dan lain-lainnya. Dan merupakan salah satu indikator kepatuhan wajib pajak. Pemda sangat mendukung dan akan merangkul swasta dalam pelaksanaannya. Dan untuk WP yang telah melaksanakan kewajiban perpajakannya, Justiar sangat mengapresiasi hal tersebut.

Acara pekan panutan yang dimulai sekitar pukul 13.30 WIB tersebut, dibuka dengan tarian tradisional selamat datang dan persembahan sekapur sirih, yang dilanjutkan dengan penunjukkan tanda terima elektronik lapor SPT Bupati, bersama Ketua DPRD, Wakil Ketua 1 DPRD, Wakil Ketua 2 DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, Danramil, Kapolres, Danposmat dan Sekretaris Daerah, dari HP masing-masing dan didampingi oleh M. Dahlan Saleh, Kepala KPP Pratama Bangka dan Kepala KP2KP Toboali.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan peresmian program KSWP yang ditandai pemukulan gong oleh Bupati dan diakhiri dengan pemberian apresiasi kepada tujuh pembayar pajak terbesar di Basel, serta ditutup dengan tarian tradisional Campak Kekasih. (Nit_ HK)

Penulis : Tri Dianita
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]