LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM – Penguatan kapasitas aparatur, tata kelola pemerintahan dan kerjasama daerah masih menjadi prioritas utama dalam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Belitung Timur tahun 2019 mendatang. Porsi prioritas pertama tersebut sebesar 39 persen atau sekitar Rp 196.628.999.447 dari total belanja langsung proyeksi anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2019 mendatang.

Selanjutnya, Pembangunan manusia melalui peningkatan kualitas pelayanan dasar dan penanggulangan kemiskinan berada di prioritas ke dua, dengan rencana anggaran sebesar Rp 152.270.407.639 atau memperoleh porsi 30 persen.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Peris Nainggolan menekankan program dan besaran anggaran dari prioritas masih berupa rancangan usulan awal. Rencana akhir RKPD 2019 akan difinalisasikan melalui Peraturan Bupati RKPD Tahun 2019.

"Setelah pembukaan ini dibahas rencana kerja OPD oleh Tim BP4D. Nanti kita lihat kesesuaiannya dengan indikator kinerja dan kesesuaian dengan target RPJMD 2016 -2021," jelas Peris saat pembukaan Musrenbang Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Beltim Tahun 2019 di Ruang Rapat BP4D, Rabu (21/3/2018).

Didampingi Sekretaris BP4D, Bayu Priambodo, Peris mengungkapkan dalam dua program prioritas utama tersebut, setidaknya ada 94 program yang menjadi usulan rancangan awal RKPD. Dengan rencana kegiatan mencapai 893 jenis kegiatan.

"Selain dua prioritas utama, tersebut ada 4 prioritas pembangunan lainnya, dengan total program mencapai 185 dan kegiatan 1.231. Sesuai dengan tema Musrenbang 2019, Peningkatan Pelayanan Dasar Masyarakat dan Pembangunan Infrastruktur daerah yang mendorong investasi dan peningkatan produktivitas barang jasa," ungkap Peris.

Priotitas lainnya, seperti pengembangan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah, pengembangan pariwisata yang didukung komoditas unggulan di bidang pertanian, perikanan, dan industri kreatif, pengendalian pemanfaatan ruang dan lingkungan hidup, stabilitas kamtibmas dan kesuksesan penyelenggaraan pemilu.

"Yang harus kita perhatikan bersama-sama yaitu merumuskan suatu kebijakan pembangunan yang harus sesuai dengan visi misi Kabupaten Beltim, yakni Belitung Timur Yang Maju dan Unggul Dengan Berbasiskan Sumber Daya Lokal," kata Peris.

Bupati Beltim Yuslih Ihza, saat membuka Musrenbang ini menyebutkan, Musrenbang Kabupaten adalah wujud nyata dari pelaksanaan undang-undang, sebagai proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.

"Tujuannya untuk menyempurnakan Rancangan Awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah. Baik itu alokasi pagu anggaran, rencana alokasi dana desa, usulan kegiatan dari APBD Kabupaten, Provinsi, APBN atau sumber lainnya," beber Yuslih.

Yuslih berharap, partisipasi aktif semua pemangku kepentingan di lingkungan Pemkab Beltim untuk berembug bersama, memformulasikan rencana pembangunan. Hal itu akan membuat kegiatan pembangunan Tahun 2019 benar-benar sesuai kebutuhan, permasalahan, potensi, dan aspirasi masyarakat.

"Dengan Musrenbang diharapkan akan terbentuk pengembangan partisipasi masyarakat dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan. Disamping itu dibutuhkan upaya sinkronisasi program-program yang dicanangkan dari pemerintah pusat dengan daerah sehingga tidak terjadi tumpang tindih yang tidak efektif," kata Yuslih.

Sementara itu, pembukaan Musrenbang tersebut dihadiri oleh Kasubdit Transportasi Darat dan Jalan Bappenas RI, Dail Umamil Asri, Ka Subdit wilayah III Dit. Perenc Anggaran daerah Ditjen Bina Keuda, Mukjizat, Kepala Bidang Pengembangan Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agung Dwi Chandra, Forkominda, LSM, perbankan dan perwakilan wartawan.

Dijadwalkan setelah selesai melaksanakan Musrenbang Kabupaten, hasilnya akan dibawa ke Musrenbang Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang akan berlangsung pada 5 April 2018 mendatang. (@2!_HK)

Penulis : Diskominfo Beltim
Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]