LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, BANGKA TENGAH Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung  Abdul Fatah meyakini dan percaya Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga merupakan program investasi jangka panjang.

"Keberhasilan program ini tidak dapat langsung dirasakan oleh masyarakat akan tetapi akan memakan waktu bertahun-tahun, baru akan tampak hasilnya," ujar Wagub saat menyampaikan arahan pada acara Rakorda 2018 Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), di Hotel Santika Pangkalan Baru Bangka Tengah, Selasa (13/3/2018).


Ia mengatakan, keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dengan pertumbuhan penduduk haruslah seimbang. Jika pertumbuhan ekonomi tinggi, tetapi laju pertumbuhan penduduk tidak terkendali menjadikan pertumbuhan ekonomi menjadi sia-sia.


"Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali juga akan berakibat pada ketersediaan lahan yang akan semakin berkurang, kebutuhan terhadap layanan kesehatan, dasar pendidikan, dan semangat berkurang," paparnya.


Ia menambahkan dalam dimensi pembangunan manusia, BKKBN berperan dalam merevolusi karakter bangsa, agar dapat menerapkan revolusi mental yang berbasis keluarga. Sehingga peran orang tua, sejak dini harus dapat menanamkan nilai-nilai integritas, etos kerja serta semangat gotong royong yang dapat ditanamkan didalam membentuk keperibadian generasi selanjutnya.


Selain itu, ia menyampaikan program KKBPK diharapkan dapat memberikan kontribusi pembangunan dengan memperkuat daerah-daerah pedesaan, yaitu kegiatan yang diawali atau dimulai dari daerah-daerah pinggiran didalam konsep NKRI.


Ia juga mengatakan, skala prioritas dalam mengoptimalkan program menjadi penting pada wilayah tertentu, yang meliputi daerah miskin, padat penduduk, wilayah nelayan, daerah kumuh, pulau-pulau, serta daerah tertinggal lainnya yang pada umumnya di wilayah-wilayah tersebut, pencapaian program KKBPK belum berhasil dengan optimal.

"Rakorda ini diharapkan mampu meningkatan komitmen, koordinasi, keterpaduan, serta dukungan pemangku kepentingan dalam menerapkan berbagai kebijakan dan strategi, didalam pencapaian program KKBPK kedepan," harapnya. (Erw_HK)


Penulis : Erwin Gunawan

Editor : HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]