2 Unit Metrologi Tak Cukup Melindungi kebutuhan 1,2 Juta Konsumen di Babel - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, April 24, 2018

2 Unit Metrologi Tak Cukup Melindungi kebutuhan 1,2 Juta Konsumen di Babel

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Setiap konsumen produk dan jasa di Indonesia ternyata mendapatkan perhatian khusus dalam hal perlindungan konsumennya oleh pemerintah salah satunya melalui keberadaan unit metrologi yang ada disetiap masing - masing Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Heru Subroto selaku Kasubdir penilaian dan evaluasi jabatan fungsional kemetrologian dari direktorat metrologi ditjen perlindungan konsumen dan tertib niaga kementrian perdagangan RI. Dalam program Cerudik di LPPL In Radio 97,6 FM dengan tema "Hakornas 2018, Konsumen Cerdas di Era Digital", Senin (23/0l4/2018) malam.

Ia mengatakan berdasarkan data oleh Kementrian Perdagangan RI bahwa Provinsi Bangka Belitung dengan total penduduk mencapai lebih dari 1,2 juta orang. Ternyata baru memiliki 2 unit metrologi dari  7 unit metrologi yang seharusnya dimiliki dalam melindungi hak konsumen didaerah ini mendapatkan produk aman dan berkualitas setiap hari.

" Sayangnya Babel sampai hari ini baru memiliki 2 unit metrologi. Satu di Pangkalpinang satu lagi di Muntok Bangka Barat. Kalo bicara undang - undang, harusnya setiap kabupaten kota disini sudah lengkap unit metrologinya," ungkapnya.

" Bisa bayangkan Babel sebagai daerah kepulauan dimana pasokan kebutuhannya didrop dari luar. Sampai hari ini standarisasi transaksinya seperti timbangan dipasar, meteran SPBU dan lainnya masih dari mengandalkan 2 unit metrologi ini." tambahnya.

Dari 508 Kabupaten dan Kota se - Indonesia, Hanya Ada 110 Yang Memiliki Unit Metrologi

Saat ditanya bagaimana solusi bagi daerah - daerah di Babel yang belum memiliki unit metrologinya namun sangat fokus ingin melindungi konsumennya. 

Heru Subroto menyarankan dapat memanfaatkan kesempatan bantuan peralatan gratis unit metrologi kerjasama antara kementrian perdagangan dan Bapennas yang dilaksanakan ditahun depan.

" Saya kira para Bupati atau Walikota di Babel bisa merapat ke kami. Soalnya tahun depan nanti. Kementrian Perdagangan dan Bappenas akan memberikan bantuan gratis peralatan unit metrologi terutama bagi daerah - daerah di Indonesia yang belum memiliki unit metrologinya," terang Heru.

" Karna yang agak mahal biasanya peralatan. Jadi manfaatkanlah kesempatan ini," sarannya. (AB)

Tidak ada komentar: