200 Produk UKM Bangka Barat Telah Memiliki PIRT dan Sertifikat Halal - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, April 24, 2018

200 Produk UKM Bangka Barat Telah Memiliki PIRT dan Sertifikat Halal

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Kabid Perdagangan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Niwani mengatakan, ada sekitar 200 produk UKM di Kabupaten Bangka Barat telah memiliki izin PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) dan bersertifikasi produk halal oleh LPPOM MUI.

Hal ini disampaikannya dalam program Cerudik di LPPL In Radio 97,6 FM, yang dipandu oleh Bujang Kudul dan Yak Abu dengan tema "Hakornas 2018, Konsumen Cerdas di Era Digital", Senin (23/4/2018) malam.

Niwani mengatakan ada beragam produk UKM Bangka Barat memiliki ciri khas sebagai produk hasil olahan tani dan laut yang hanya dapat dijumpai di Kabupaten Bangka Barat. Seperti kue pelita kue kegemaran tokoh proklamator RI, madu kelulut Pangkal Beras, pempek udang Belo Laut bahkan ada kue rintak yang terbuat dari tanaman liar yang tumbuh dipesisir pantai.

" Kalo kue pelita ini kue kesukaannya Bung Karno sewaktu diasingkan ke Muntok, ada juga madu kelulut madu asli dari desa Pangkal Beras. Madu ini bagus untuk beragam penyakit seperti maag dan lainnya untuk stamina juga ," jelas Niwani.

" Ada juga pempek udang Belo laut, orang Pangkalpinang banyak yang mesen pempek ini. Rintak Lengkir gurih yang terbuat tanaman liar yang tumbuh dipesisir pantai. Banyaklah kalo produk asli Bangka Barat ni," tambah Niwani.

UKM Bangka Barat Siap Menyambut Permintaan Pasar Era Digital

Saat ditanya sejauh mana dukungan dilapangan pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam memajukan para UKM di daerah ini terutama diera digital. Nirwani menjelaskan saat ini pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bangka Barat. Dalam waktu dekat ini akan membuat Website khusus UKM Bangka Barat. Dimana tujuannya mempertemukan antara para pemilik produk - produk UKM Bangka Barat dengan para pembeli langsung baik dari dalam dan luar negeri.

" Dalam waktu dekat ini kita akan buat website khusus UKM Bangka Barat. Mereka bisa langsung online ketemu pembeli dari luar, baik dari dalam dan luar negeri," terang Niwani.

" Mereka yang sudah ada izin PIRT dan sertifikasi halalnya yang akan kita promosikan disini. Jadi era digital ini kita manfaatkan agar UKM kita tambah maju dan berkembang usahanya," tegas Niwani. (AB)

Tidak ada komentar: