Dinas KUKM BABEL Terus Tingkatkan SDM Koperasi - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, April 06, 2018

Dinas KUKM BABEL Terus Tingkatkan SDM Koperasi

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Koperasi adalah sokoguru bagi perekonomian. Karena koperasi sebagai pilar atau penyangga utama, atau dalam kata lain sebagai tulang punggungnya ekonomi nasional yang mampu bertahan menghadapi tantangan perekonomian. Melihat potensi tersebut, pemerin­tah akan terus berupaya me­ning­katkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi, sehingga akan mampu bersaing dalam perekonomian global.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jon Tuahdi Saragih, saat menutup pelatihan akuntansi koperasi berbasis komputerisasi angkatan I, yang berlangsung di ruang kelas Tanjung Pesona kantor BKPSDM Babel, Jumat (6/4/2018).

Jon mengatakan bahwa hingga saat ini, masih cukup banyak koperasi yang belum melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) nya, memiliki persoalan internal, dan belum berperan secara maksimal bagi anggota koperasinya. Karena itu, perlu dilakukan peningkatan SDM koperasi melalui pelatihan dan pendidi­kan, seperti pelatihan akuntansi koperasi, yang utamanya pada generasi muda, sehingga tumbuh generasi kader muda di tengah-te­ngah masyarakat dalam mewujudkan peningkatan usaha ekonomi rakyat.

"Dengan begitu koperasi bisa dikelola oleh SDM yang profesional, sehingga koperasi benar-benar da­pat mendorong pereko­nomian yang bertumpu pada ekonomi ke­rakyatan," ucapnya.

Ia juga mengakui, koperasi be­lum se­penuhnya dapat berperan se­ba­gai lembaga usaha ekonomi kerak­ya­tan. Disamping belum kompetitif, koperasi dinilainya juga belum sepenuhnya dipercaya oleh anggotanya sendiri, sehingga masih banyak anggota yang belum menyimpan dananya di koperasi.

"Kita harus mampu membuat koperasi dipercaya anggotanya. Sehingga, koperasi dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan anggotanya," ujarnya.

Menghadapi permasalahan itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan SDM perkoperasian di Babel. Ia menuturkan, pemerintah akan terus mening­katkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat, kemudian melakukan pendidikan perko­perasian bagi anggo­ta, serta mengembangkan kerjasama antar­ko­perasi dan badan usaha lainnya, seperti dengan koperasi-koperasi di Jawa Barat.

"Peningkatan SDM perkoperasian ini penting. Karena sebentar lagi, koperasi ini akan bermitra. Dengan begini, koperasi nanti diharapkan mampu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat dan mampu menstabilkan harga kebutuhan pokok bagi anggota dan masyarakat," tuturnya.

Selain itu, disebutkannya, Dinas KUKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga akan terus berupaya untuk membe­rikan dukungan, serta dorongan terhadap sektor ekonomi kerakyatan, sehingga dapat terus berkembang. Dinas KUKM, diakuinya juga akan selalu berupaya untuk menciptakan program dan kegiatan yang sesuai, tepat sasaran, berhasil guna dan bermanfaat secara langsung bagi pember­dayaan koperasi dan UMKM yang ada di Babel, seperti memberikan pelatihan, memfasilitasi IUMK, memberikan sertifikat halal, serta subsidi akte pendirian koperasi.

"Ini merupakan bukti komitmen pemprov Babel, untuk mengembangkan koperasi dan UMKM kita. Mari buat gerak langkah yang sama. Mari kita bangun koperasi Babel, dan saling berbagi informasi dengan anggota, agar ada progres kemajuan koperasi dan UMKM setiap tahunnya," pu­ngkasnya. (Tri Dianita_HK)

Penulis : Tri Dianita ll editor : HK

Tidak ada komentar: