Dinsos, PPPA Pangkalpinang Wujudkan Peran Masyarakat, Meminimalisir Potensi Konflik Sosial - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, April 25, 2018

Dinsos, PPPA Pangkalpinang Wujudkan Peran Masyarakat, Meminimalisir Potensi Konflik Sosial

INRADIOFM.COMPANGKALPINANG Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Pangkalpinang berkomitmen melakukan penguatan peranan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Hal ini, disampaikan Kepala Dinsos dan PPPA Kota Pangkalpinang, Fitriyansyah saat membuka kegiatan Penguatan Masyarakat di Daerah Rawan Bencana dan Konflik Sosial, bertempat di aula pertemuan Kantor Dinas Sosial, dan PPPA, Rabu (25/4/2018).

"Peningkatan peran serta masyarakat dapat meminimalisir permasalah dan gejolak di tengah masyarakat dalam menguatkan kesatuan lingkungan untuk mengatasi konflik bencana alam, serta potensi konflik sosial masyarakat," paparnya.

Dirinya mengatakan, program strategis dalam  menanamkan nilai kebangsaan bukan hanya pendekatan keamanan semata, diperlukan pendekatan budaya dan nilai - nilai luhur bangsa, sikap kebersamaan, gotong royong, serta rasa kepedulian terhadap lingkungan sebagai bentuk penguatan kesatuan bersama.

Kemudian, kegiatan penguatan masyarakat yang dilaksanakan selama dua hari, 25 dan 26 April 2018 dengan melibatkan para RT/RW, LPM, Karang Taruna, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, serta aparat Kelurahan dapat digunakan untuk mendapatkan pedoman, serta wadah pengembangan sumber daya, agar mampu mendeteksi dan antisipasi dini, apabila terjadi konflik sosial di tengah masyarakat.

Lebih lanjut, antisipasi dini potensi kerawanan konflik Sosial pembenahan secara bersama antara pemerintah dan masyarakat, dalam mengantisipasi konflik yang berkembang, sehingga kita menjadi pelopor dan dapat memfasilitasi persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Masyarakat diharapkan terlibat langsung dan mengambil peranan terhadap lingkungan disekitarnya, sehingga dapat menjaga keamanan dan ketertiban terhadap lingkungan untuk menciptakan suasana lingkungan menjadi kondusif," harap Fitriansyah. (Erw)

Tidak ada komentar: