KPID Babel : Netralitas Media, Meningkatkan Partisipasi Pemilih Di Pilkada - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, April 13, 2018

KPID Babel : Netralitas Media, Meningkatkan Partisipasi Pemilih Di Pilkada

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bangka Belitung, Rusdiar mengatakan, media massa berperan penting meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 27 Juni mendatang. Hal ini disampaikannya dalam wawancara eksklusif di program Cerudik LPPL In Radio yang dipandu Bujang Kudul dan Yak Abu, dengan tema Netralitas Media Dimusim Pilkada, Kamis (11/4/2018) malam tadi.

"Berita positif yang berhasil dikontruksi oleh media tentang kegiatan Paslon itu, membuat Pilkada menjadi ajang yang paling ditunggu untuk memilih pemimpin terbaik dinegeri ini," ungkap Rusdiar.

Ia juga mengatakan dalam aturan siaran pemilukada disepakati bahwa media massa, seperti media elektronik baik televisi dan radio diperbolehkan memberitakan kegiatan para Paslon selama masa kampanye. Dengan tetap menjunjung netralitas dalam redaksi pemberitaannya dan memberikan kesempatan yang sama dengan para paslon lainnya.

"Kita sangat sepakat. Setiap media wajib netral di Pilkada ini. Media mesti objektif, berimbang berita antar paslon satu dan lainnya," ungkapnya.

Saat ditanya oleh tim cerudik tentang liputan bersama pelaksanaan debat Pilkada oleh para Paslon, Rusdiar menjelaskan hal tersebut merupakan wewenang KPU dalam menentukan media mana yang akan diajak bekerjasama, termasuk penayangan iklan kampanye Paslon.

"Untuk siaran debat nanti, ranahnya KPU yang akan memilih media mana. Kalo bisa sih semua media, itu tergantung dana. Termasuk materi dan iklan kampanye, semua dikonsultasikan dengan KPU," jelasnya. (AB_HK)

Penulis : Abu Bakar || editor: HK

Tidak ada komentar: