Lindungi Konsumen, BPOM Himbau Produk Jelang Kadaluwarsa Ditarik dari Pasaran - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, April 24, 2018

Lindungi Konsumen, BPOM Himbau Produk Jelang Kadaluwarsa Ditarik dari Pasaran

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Menjelang puasa dan hari lebaran dipastikan permintaan konsumen  terhadap makanan dan minuman semakin meningkat.

Seiring dengan hal itu, Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM ) Pangkalpinang  Hermanto mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk dapat  menjadi Konsumen Cerdas.

" Keikutsertaan kami dalam pameran ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar masyarakat semakin cerdas dalam memilih produk obat-obatan dan makanan untuk dikonsumsi,"terangnya.

Memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen dalam  pameran ini, pihaknya telah menurunkan mobil laboratorium untuk dapat melakukan pengujian secara langsung terhadap sampel jajanan yang dijual para pedagang disekitaran arena tempat berlangsungnya pameran.

Menurut Hermanto, masyarakat dapat melihat dan meneliti dengan seksama keseluruhan suatu produk bukan hanya terkait dengan persoalan masa kadaluwarsa produk semata saja.

" Suatu produk layak atau tidaknya bukan hanya tergantung  tanggal kadaluwarsa saja, akan tetapi konsumen juga dapat melihat dari proses penyimpanan, membaca labelnya, serta melihat kondisi kelayakan kemasan produk," terangnya kepada awak Inradiofm.com saat ditemui pada acara Pameran Harkonas 2018, Alun -Alun Taman Merdeka, Senin (23/04/2018) malam.

Selain itu, dirinya menghimbau kepada toko dan swalayan terhadap produk - produk yang dijual kepada konsumen, tiga (3) bulan sebelum tanggal kadaluwarsanya agar diturunkan dari etalase, disimpan, serta dikembalikan kepada distributor sebagai langkah untuk melindungi konsumen
Tanggal kadaluarsa adalah  tanggal yang telah ditentukan produsen bahwa produk tersebut masih aman digunakan sampai batas waktu yang ditentukan lewat dari itu berarti tidak dijamin lagi oleh produsen. (erw).

Tidak ada komentar: