LPA Babel : 16 Tahun Silam, Kasus Bayi Dibuang Pernah Terjadi di Babel - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, April 17, 2018

LPA Babel : 16 Tahun Silam, Kasus Bayi Dibuang Pernah Terjadi di Babel

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Bangka Belitung, Nurmala Dewi mengatakan bahwa kasus yang cukup menghebohkan baru - baru ini tentang penemuan sesosok bayi malang yang dibuang orangtuanya, ternyata pernah terjadi belasan tahun silam tepatnya tahun 2002.

Dijelaskannya, kasus serupa pernah ditangani oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Babel, dan sangat disayangkan pelaku merupakan orang terdekat, yang tak lain adalah orangtua sendiri. Hal itu dikatakannya, dalam program Cerudik LPPL In Radio 97,6 FM, Senin, (16/4/2018) malam, dengan tema "Siapa Bertanggungjawab Atas Bayi Yang Dibuang".

Nurmala mengatakan, berdasarkan temuan fakta dilapangan terhadap penanganan beberapa kasus yang melibatkan Anak-anak, diketahui salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya perhatian khusus para orangtua melihat perubahan perilaku Anak diluar dan didalam rumah. Karena menurutnya, walau bagaimanapun Anak merupakan tanggungjawab orangtuanya.

"Coba lihatlah. Orang tua jaman sekarang jarang ada peduli dengan Anak perempuannya. Temannya saja kita gak kenal, gak tau rumahnya, gimana kalo seandainya terjadi apa-apa. Ngecek anak kita kemana coba," ungkapnya.

Ia juga menambahkan besarnya peran penting masyarakat, seperti perangkat RT dan PKK dalam mengurangi dampak pergaulan remaja yang sudah sangat memprihatinkan saat ini.

"Manfaatkanlah dana desa itu tak sebatas pembangunan fisik, tapi buat juga penyuluhan atau pelatihan untuk Anak-anak muda. Jangan sampai kita mewariskan Anak-anak bodoh, kriminal di kampung kita. Karena membangun SDM itu juga penting saya kira," pungkasnya.

Jangan Buang Anak Bila Belum Siap memiliki, Serahkan Saja Kepada Kami di LPA

Saat ditanya, bagaimana bila ada pasangan yang tidak menghendaki sang bayi seperti dalam kasus tersebut. Ia menyarankan agar dapat menitipkannya melalui Lembaga Perlindungan Anak (LPA) untuk dapat diadopsi oleh orangtua yang siap merawat dan membesarkannya.

"Untuk pasangan yang belum siap memiliki Anak, jangan ditelantarkan apalagi dibuang anaknya, serahkan saja kepada kami, untuk diadopsi oleh keluarga yang siap merawat dan membesarkannya," pesannya.

Ia mencatat, sudah ada lima (5) bayi yang telah menemukan keluarga barunya. Dan dikatakannya, jika membutuhkan informasi lebih banyak, dan keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi nomornya di 081367455513. (AB_HK)

Penulis : Abu Bakar || editor : HK

Tidak ada komentar: