Pantau Pembangunan, Mahasiswa STISIPOL P12 Turun ke Lapangan - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, April 25, 2018

Pantau Pembangunan, Mahasiswa STISIPOL P12 Turun ke Lapangan

INRADIOFM.COM, BANGKA SELATAN - Sebanyak 7 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Bangka, semester 4 Jurusan Ilmu Administrasi Negara, turun langsung ke lapangan untuk melakukan survei pembangunan ke Kecamatan Payung Bangka Selatan, Selasa (24/4/2018).

Ketujuh mahasiswa tersebut adalah Sholihin, Syahrezy, Iqbal, Yoyo, Kris, Bakong dan Prima, yang melakukan survei di desa Suka Jaya dan desa Pasir Putih. Dalam survei itu, mereka melakukan penelitian tentang pembangunan, yang merupakan salah satu tugas lapangan dari mata kuliah, yaitu Teori Pembangunan. 

Mereka mendapati berbagai masalah yang ada di desa-desa tersebut, diantaranya adalah masalah jaringan komunikasi, akses air bersih yang begitu sulit, pendidikan masyarakat masih rendah yang menyebabkan SDM nya belum bisa bersaing dengan desa lainnya.

"Masyarakat disini mayoritas adalah petani karet, ada sebagian bekerja TI di luar desa dan juga ada yang sebagai petani lada. Dari mulai terbit matahari mereka meninggalkan rumahnya, sehingga desa ini kalau dilihat siang hari sangat sepi," ujar Hamang Kepala Desa Suka Jaya.

Hamang mengungkapkan, jika ia sudah melakukan pengajuan untuk dibangun tower agar sinyal di desanya ada, tapi ia mengatakan malah desa yang berada di sebelah desanya yang mendapatkannya.

Sementara itu, Sholihin selaku mahasiswa STISIPOL P12 juga mengungkapkan, kegiatan ini merupakan tugas utama yang harus dilakukan, selain untuk tugas kampus, kegiatan ini juga diakuinya sangat membantu pada saat skripsi nanti, serta menjunjung tinggi Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. (HK)

Tidak ada komentar: