Pemerhati Politik : Media Baik Mewujudkan Pemimpin Baik - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, April 13, 2018

Pemerhati Politik : Media Baik Mewujudkan Pemimpin Baik

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Pemerhati politik dari Universitas Bangka Belitung (UBB) Anugrah Bangsawan mengatakan, pemberitaan tentang proses Pilkada melalui dukungan media yang baik, akan mengantarkan para pemilih untuk memilih sosok pemimpin yang baik bagi Bangka Belitung.

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam program Cerudik, yang dipandu oleh Bujang Kudul dan Ayak Abu dengan tema Netralitas Media Dimusim Pilkada, di LPPL In Radio 97.6 FM, Kamis (12/4/2018) malam.

Anugrah menambahkan, media sebagai pilar demokrasi di Indonesia, memiliki peran yang signifikan didalam mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaan yang mendukung proses demokrasi dapat berjalan dengan baik. 

"Ada empat karakter pemilih, yaitu pemilih karna sosiologis, rasional, psikologis dan yang terakhir ini dimiliki oleh media. Yakni, isu-isu pemberitaan penting yang ditulis oleh media itu sendiri," jelasnya.

Ia mengungkapkan, terlepas dari sisi kepentingan profitnya, setiap media tetaplah harus selalu bisa untuk mempertahankan esensialnya sebagai penyeimbang dalam arus informasi, sehingga masyarakat selalu diuntungkan dengan pemberitaan yang objektif, independen, dan berimbang di setiap tahapan Pilkada saat ini.

"Media wajib membuat cerdas setiap pembacanya, mesti objektif dan imbang antara berita paslon satu dan lainnya. Jangan menjadi media penyebar berita hoak," ungkapnya.

Pemimpin "Taipau" paling tidak diminati.

Saat ditanya, seperti apa sosok pemimpin yang dapat memikat hati, dan dipilih oleh masyarakat banyak di Pilkada serentak nanti, dosen UBB itu menyampaikan, sosok seperti itu ada pada sosok pemimpin yang memiliki kedekatan secara emosional, merakyat dan suka turun ke lapangan menyapa warganya.

"Masyarakat Bangka ini tidak menyukai pemimpin taipau (sombong; red), alias jarang merakyat. Jadi, pintar-pintarlah Anda membangun kedekatan emosional bersama warga, jika ingin terpilih nanti," tegasnya. (AB_HK)

Penulis : Abu Bakar || editor : HK

Tidak ada komentar: