Peranan Diskominfo Babel Dalam Budaya Serta Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Dalam Era Digitalisasi - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Sabtu, April 28, 2018

Peranan Diskominfo Babel Dalam Budaya Serta Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Dalam Era Digitalisasi

INRADIOFM.COM, Bangka Tengah - Memaksimalkan peranan publikasi dalam penyebaran suatu informasi kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat serta  menjaga, melestarikan, dan mengangkat kearifan lokal suatu budaya daerah di tengah masyarakat.

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui LPPP InRadiofm melaksanakan Talk Show Interaktif " Cerudik On The Road ( COTR ), Bertempat di Desa Keretak, Sungai Selan, Jumat (27/04/2018 ) malam.

Hadir dalam kesempatan tersebut para narasumber dari berbagai pihak, diantaranya : Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman, Ketua Komisi I DPRD Babel, Adet Matsur, Pemuka Agama serta Pemuka Adat Kampung Desa Kretak.

Terkait, dengan peranan Diskominfo Babel dalam meningkatkan serta mendukung pembangunan ekonomi melalui pengembangan kreativitas dan kearifan lokal suatu daerah dalam pemanfaatan jaringan internet.

Menurut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman, menjelaskan pemanfaatan jaringan internet dalam mendukung pembangunan dalam suatu daerah, Diskominfo bekerjasama dengan empat provider di Bangka Belitung dalam penyediaan jaringan disetiap wilayah.
" Saat ini pengembangan akses jaringan internet terfokus pada wilayah timur, dengan konsep pembangunan 3T ( Terluar, Terisolir, dan Terjauh ), untuk wilayah barat cukup baik, walaupun ada beberapa wilayah yang belum terjangkau," jelasnya.

Dalam mengatasi penyediaan jaringan internet terhadap daerah yang belum terjangkau, Pemeritah memberikan akses kepada provider untuk menambah kekuatan jangkauan lebih besar untuk membangun jaringan dengan ketentuan di wilayah tersebut cuma ada satu provider.

Lebih lanjut, Sudarman menjelaskan pemanfaatan jaringan internet dapat membantu pengembangan ekonomi dalam pengelolaan desa menjadi lebih baik sehingga dapat menjadikan desa menuju Smart City.

" Pemerintah Provinsi mendorong setiap  desa untuk dapat menjadi Smart City, melalui Smart City semua database masyarakat dapat terkelola dengan baik," lanjutnya.

Dirinya menyebutkan, saat ini prosentase penggunaan internet untuk kegiatan ekonomi sangat kecil sekali sekitar 10 %, padahal dengan memaksimalkan akses internet perputaran transaksi ekonomi akan menjadi lebih luas tanpa batas.

" Konsep kebijakan Pemrov Babel " Berkah Mart ", membangun semacam toko dalam memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, yang dikelola oleh Bumdes melalui dana desa sehingga setiap desa mendapatkan penghasilan," katanya.

Selain itu, sosialisasi pemanfaatan internet, Diskominfo Babel juga menyediakan mobil internet berjalan untuk dapat menjangkau daerah terpencil sehingga masyarakat di Bangka Belitung dimanapun berada dapat merasakan manfaat dari internet. ( Erw )

Tidak ada komentar: