Perlindungan Konsumen Terhadap Pesatnya Teknologi Digital Dalam Perniagaan Elektronik - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Senin, April 23, 2018

Perlindungan Konsumen Terhadap Pesatnya Teknologi Digital Dalam Perniagaan Elektronik

INRADIOFM.COM, BANGKA TENGAH - Dinamika perdagangan dan ekonomi global dewasa ini bukan lagi menjadi  isu sektoral, tantangan yang dihadapi terhadap perlindungan konsumen global bergerak cepat dan dinamis menyentuh berbagai aspek pengelolaan dan pengaturan terhadap konsumen
Hal ini disampaikan Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Ardiyansyah Suparman saat memberikan materi pada acara
Seminar Nasional Konsumen Cerdas Di Era Ekonomi Digital, dalam rangkaian memperingati Harkonas ke - 6 Tahun 2018, di Hotel Novotel, Pangkalan Baru, Senin (23/4/2018).

" Era digital, semua kebutuhan dapat diakses dengan mudah melalui internet, pesatnya transaksi jual beli secara dalam jaringan maka terbentuklah sistem perdagangan dunia maya atau disebut Perniagaan Elektronik," paparnya.

Perlindungan terhadap konsumen menjadi sangat penting dalam menjaga hak keamanan dan kenyamanan didalam setiap melakukan sebuah transaksi, karena itu konsumen cerdas harus mengerti  akan hak dan kewajibannya, misalkan hak keselamatan dalam  mengkonsumsi barang dan/atau jasa.

" Konsumen mempunyai hak memilih barang dengan mendapatkan barang sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan," kata Ardiansyah.

Selanjutnya, hak atas informasi, untuk didengarkan pendapat dan keluhan, mendapatkan advokasi,  untuk mendapatkan pembinaan dan pedoman konsumen, serta kompensasi.

Kemudian, selain hak yang didapati, konsumen juga mempunyai  kewajibannya, diantaranya: membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian dan pemanfaatan suatu barang dan /atau jasa, kemudian memilki itikad baik dalam bertransaksi, membayar sesuai yang disepakati, dan mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut. (erw).

Tidak ada komentar: