Pernikahan Dini, Wajib Adanya Dispensasi Pengadilan Agama - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, April 19, 2018

Pernikahan Dini, Wajib Adanya Dispensasi Pengadilan Agama

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pangkalbalam Pangkalpinang, Maraspin mengatakan bagi pasangan yang ingin melakukan pernikahan dini, wajib mendapatkan dispensasi terlebih dahulu dari Pengadilan Agama.

Hal ini berdasarkan UU Perkawinan No. 1 tahun 1974 pasal 7, disebutkan bahwa usia minimal calon suami adalah 19 tahun, sedangkan calon istri 16 tahun. Dan, khusus dibawah usia minimal tersebut diwajibkan mendapatkan dispensasi dari Pengadilan Agama setempat.

Hal itu dikatakannya dalam program Cerudik di LPPL In Radio 97,6 FM dengan tema "Nikah Tak Sekedar Asal Sah", Rabu (18/4/2018) malam tadi.

Saat dimintai tanggapan terkait kejadian batalnya pernikahan seorang remaja putri berusia 16 tahun, dengan seorang pria yang berusia 50 tahun di Kabupaten Bangka Tengah baru-baru ini, Maraspin mengatakan itu bertentangan dengan fokus pemerintah daerah, yang saat ini ingin menurunkan angka pernikahan dini yang cenderung meningkat setiap tahunnya.

"Selama bertugas di Bangka. Saya sudah biasa mendengar, jika perempuan usia 20 atau 25 tahun yang masih gadis, nikahnya sama pria 50 tahun, atau bahkan 60 tahun juga ada. Tapi, kalau yang seperti di Bangka Tengah itu belum pernah ada. Pemerintah kini fokus menurunkan angka pernikahan dini. Jadi sangat disayangkan apa yang terjadi disana," ungkapnya.

Niatkan Menikah Sebagai Ibadah

Dalam kesempatan itu juga, Maraspin mengingatkan, ada beberapa hal penting yang mendasar, yang harus dipahami setiap pasangan yang ingin menikah. Yaitu, adanya kesiapan ilmu, kesiapan mental, dan kesiapan harta/materi sebelum berumah tangga, serta memiliki niat tulus bahwa menikah adalah ibadah mengharap ridhoNya.

"Tanyakan kembali niat menikah itu sesungguhnya untuk apa. Niatkan, untuk ibadah mengharapkan ridho Allah. Dan, kuasai ilmunya dulu sebelum berumah tangga, siapin mental juga, InsyaAllah lebih siap menjalani bahtera ini," pesannya. (AB_HK)

Penulis: Abu Bakar || editor: HK

Tidak ada komentar: