Sempat Was-was, Bila Benar Facebook Jadi Ditutup di Indonesia - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, April 25, 2018

Sempat Was-was, Bila Benar Facebook Jadi Ditutup di Indonesia

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Beredarnya kabar viral yang menyebutkan bahwa penggunaan facebook di Indonesia akan diblokir pada 24 april 2018, ternyata mendapatkan tanggapan dari para pegiat media sosial di Bangka Belitung. Salah satunya oleh Dhani Syamsuma yang dalam 3 tahun terakhir ini cukup aktif menggunakan facebook yang turut pula merasakan kekhawatirannya, jika facebook jadi diblokir di Indonesia. 

Hal tersebut diungkapkannya dalam program Cerudik di LPPL In Radio 97,6 FM dengan tema "Hoax Atau Fakta, Facebook Akan Diblokir Di Indonesia", pada Selasa (24/4/2018) malam.

"Ku sempet kededep (was-was,-pen) facebook jadi ditutup di Indonesia. Soal e dak acak agik liat tempat - tempat wisata bagus di Bangka ni. Terutama liat kiriman dari kawan - kawan di fb," ungkapnya.

"Sempatlah dapat kiriman kawan di fb bahwa 24 April ni facebook diblokir. Ternyata kabar tu pun hoaks," terangnya lagi.

Ia mengatakan bahwa facebook sesungguhnya bisa dimanfaatkan sebagai media silahturahmi dan mendapatkan teman baru dalam komunitas positif. Termasuk media promosi gratis mengenalkan potensi pariwisata Bangka Belitung.

"Ku banyak kawan dari facebooklah, bisa tau banyak mana tempat - tempat wisata tengah viral di Bangka Belitung berkat facebooklah. Jadi kalau ditanya sangat diuntungkanlah ada facebook," ungkapnya.

Bukan Untuk Hoaks dan Hate Speech

Saat diminta tanggapan tentang medsos yang sering disalahgunakan untuk menyebarkan berita bohong atau hoaks, bahkan ujaran kebencian kepada orang lain. Ia menekankan pentingnya setiap orang untuk selalu bisa menjadi penyeimbang pada saat di media sosial terutama menanggapi postingan orang lain.

"Untuk kawan - kawan yang aktif di facebook. Mohon bisa bijak sewaktu menanggapi postingan kawan, kiriman berita kawan. Apakah ni hoaks atau bukan. Jangan asal share berita," pesannya.

"Dan kalau bisa jadilah yang menetralkan kondisi. Terutama bagi kawan yang pro dan kontra sesuatu dan dibahas difacebook. Jadilah yang menetralisir suasana," pesannya. (AB)

Tidak ada komentar: