3 Cara Ini Dijamin Membuat Anda Fresh Selama Berpuasa - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Sabtu, Mei 19, 2018

3 Cara Ini Dijamin Membuat Anda Fresh Selama Berpuasa

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Puasa adalah sebuah moment kebersamaan paling mengesankan bagi umat muslim di belahan dunia manapun di setiap tahunnya. Tidaklah mengherankan jika di bulan Ramadhan, setiap muslim seakan berlomba-lomba mengisinya dengan memperbanyak amal ibadah dengan kesiapan ilmu, termasuk kesehatan fisik yang prima, sehingga dapat optimal beribadah.

Ada tiga (3) tips, cara mudah tetap selalu fresh selama berpuasa, yang disampaikan oleh dr. Nanda Farrah Dina dari rumah sehat BAZNAS Timah, dalam dialog eksklusif di program Cerudik In Radio 97,6 FM Pangkalpinang, Kamis (17/05/2018) malam.

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah mengurangi aktivitas yang berlebihan atau berat selama berpuasa, dan memperhatikan durasi tidur atau waktu istirahat yang cukup.

"Hindari aktivitas yang menguras banyak tenaga, tapi kitanya juga tetap harus beraktivitas, jangan malah banyak tidur karena itu bikin lemas dan ngantuk," jelasnya.

Ia menambahkan, hal kedua yang harus diperhatikan adalah konsumsi makanan yang bernutrisi. Bukan sebaliknya, makanan yang menyenangkan dan mengenyangkan selama ini.

"Buah-buahan seperti melon dan kurma, itu baik dikonsumsi, karena mengandung gula dan serat sekaligus, termasuk makanan protein sejenis ikan, daging merah dan ayam, bisa sebagai pengganti nutrisi yang hilang selama puasa," jelasnya lagi.

Sementara hal ketiga yang tak kalah penting, menurutnya adalah mempertahankan konsumsi air putih dengan pola 242 selama berpuasa, mengingat selama ini ternyata 70 persen tubuh manusia didominasi oleh cairan.

"Siasatnya cukup dengan pola 242. Yaitu, 2 gelas air putih disaat sahur, 4 gelas pas berbuka dan 2 gelas pas akan tidur," jelasnya.

Namun, bagi yang tidak suka air putih, bisa ditambahkan perasa manis yang bukan berasal dari gula pasir, atau pemanis buatan.

"Contohnya, perasa dari buah jeruk atau lemon, itu sangat bagus," tambahnya. (AB_HK)

Penulis : Abu Bakar || editor : Heri Kurniawan

Tidak ada komentar: