Babel Aman Teroris, Masyarakat Harus Tetap Waspada - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Mei 18, 2018

Babel Aman Teroris, Masyarakat Harus Tetap Waspada

INRADIOFM.COMPANGKALPINANG - Ketua Forum Koordinasi Pencegahan terorisme (FKPT) Babel, Riswandi menyampaikan kepada para awak media dalam kegiatan Literasi Digital Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat yang dilaksanakan di Hotel Puncak Kota pangkalpinang bahwa hingga saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih aman dari ancaman Terorisme. Namun masyarakat harus terus waspada dengan adanya potensi terorisme di Bangka Belitung.

"Hingga saat ini Babel masih Kondusif dari Teroris, terlihat dari data Badan Nasional Pencegahan Teroris (BNPT) yang mengatakan bahwa angka daya tangkal terhadap terorisme di Bangka Belitung mencapai 55,3 persen," ujarnya.

Hal ini disampaikan oleh Riswan terjadi karena unsur-unsur yang masih sangat kuat di masyarakat Bangka Belitung yang bisa menangkal radikalisme, serta terorisme di masyarakat.

"Faktor kita masih aman dari teroris, yakni karena adanya unsur kearifan lokal misalnya seperti nganggung dan lain sebagainya, dan juga masih tingginya unsur ketahanan keamanan yang ada di Bangka Beliung, sehingga teroris tidak ditemukan di Bangka Belitung," tambahnya.

Dalam waktu dekat, sebagai upaya pencegahan tindakan radikalisme serta terorisme yang ada di Bangka Belitung, selain mengadakan dialog bersama para awak media, humas Pemda, serta mahasiswa dan blogger yang ada di Bangka Belitung, FKPT juga telah membentuk majelis taqlim yang akan dilaksanakan rutin kepada masyarakat, agar dapat mensosialisasikan dampak dari terorisme serta apa saja yang bisa dilakukan masyarakat dalam upaya pencegahan tindakan terorisme.

"Sekarang kita sudah membentuk majelis taqlim yang akan kita bina dan kita sosialisasikan dampak dari terorisme ini. Kami akan turun ke masjid, dan juga akan merubah sistem wajib lapor bagi para tamu yang biasanya harus lapor 2 x 24 jam sekarang kita persingkat 1 x 24 jam saja," ungkapnya.

Ia berharap, masyarakat akan terus mengkampanyekan gerakan anti radikalisme, serta terorisme agar kondisi di Bangka Belitung tetap kondusif, serta tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi di beberapa daerah beberapa waktu lalu.

"Saya mengimbau kepada masyarakat, untuk lebih peduli dengan lingkungannya. Dan gerakan anti radikal, serta terorisme ini harus terus di kampanyekan, dan dipublikasikan agar masyarakat juga paham dengan aksi tersebut," harapnya. (NITA).

Tidak ada komentar: