Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mengimplementasikan bentuk kesiapsiagaan dilingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD ) terkait penanggulangan dan penanganan bencana, BPBD dalam waktu dekat segera membentuk tim tanggap darurat.

Hal ini, disampaikan Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa, ketika ditemui saat meninjau serta berdiskusi dengan Relawan Bencana Kelurahan Parit Lalang, Posko Pemuda Peduli, Senin (7/5/2018).

" Tim tanggap darurat akan dibentuk pada setiap Dinas dilingkungan Pemerintah Provinsi Babel dengan nama " Tim Tantangan," terangnya.

Menurutnya, Tim Tantangan dibentuk agar di setiap OPD dapat melakukan langkah antisipasi dini apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ( bencana - pen ), sehingga dengan cepat dapat memetakan kondisi dalam membuat jalur evakuasi dan  melakukan tindakan yang tanggap dan tepat.

" Tim Tantangan dapat melakukan respon cepat, tanggap, serta terorganisir didalam mengambil tindakan serta memberikan informasi kepada BPBD, dimana bukan  terhadap lingkungan kerja saja, akan tetapi terhadap lingkungan sosial sekitar mereka,"  terangnya.

Setelah terbentuk, Kedepannya Tim Tantangan Organisasi Perangkat Daerah akan dibekali dengan teknik dan pengetahuan tata bencana melalui pelatihan, langsung melakukan simulasi tentang kebencanaan serta akan memperlombakan kesiapsiagaan diantara OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Babel.

" Untuk awal, BPBD Babel menargetkan pada bulan Juli 2018, mendatang Tim disetiap OPD telah terbentuk kemudian Juli sampai dengan Desember akan di bentuk di setiap Kota/Kabupaten," terang Mikron Antariksa.

Kemudian, Mikron berharap setelah target pembentukan tim telah tercapai, dilanjutkan dengan pembentukan di lingkungan masyarakat karena inti dari
penanggulangan bencana adalah kesiapsiagaan masyarakat itu sendiri.( Erw ).

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]