Bulan Ramadhan dan Jelang Idul Fitri 1439 H, Bank Indonesia Buka Pelayanan Penukaran Uang Baru - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Mei 22, 2018

Bulan Ramadhan dan Jelang Idul Fitri 1439 H, Bank Indonesia Buka Pelayanan Penukaran Uang Baru

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka pelayanan penukaran uang kertas baru kepada masyarakat luas menjelang Idul Fitri dan Ramadhan 1439 H / 2018 M, yang dimulai sejak 21 Mei sampai dengan 7 Juni 2018.

"Saat ini masyarakat telah dapat menukarkan uang pecahan baru untuk kebutuhan jelang lebaran, setiap Senin sampai Kamis pada jam 8 sampai jam 12 WIB, tempatnya di Mess BI (Depan Kantor BI Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung)," kata Edhi Rahmanto, Deputi Perwakilan BI Bangka Belitung, Selasa (22/5/2018).

Ia mengatakan, masyarakat dapat menukarkan uang untuk pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000 dengan maksimal penukaran sebanyak 2 (dua) pack. Hal ini dilakukan, agar penyebarannya merata di tengah masyarakat, tidak hanya didominasi beberapa pihak saja.

Edhi mengungkapkan, Bank Indonesia Babel di tahun 2018 telah menyiapkan uang tunai sebesar satu triliun (Rp 933 miliar), untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan, dan lebaran ldul Fitri 2018. Permintaan uang di Bangka Belitung di tahun 2018, diakuinya naik dibandingkan tahun 2017 lalu, dengan realisasi peredaran uang ke masyarakat dan perbankan mencapai Rp 906,1 miliar.

Pemenuhan kebutuhan uang kartal disaat Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, dikatakannya didominasi penarikan uang oleh bank umum, yaitu sebesar Rp 713 miliar. Kemudian, sesuai dengan pola musiman, setiap bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, selalu terjadi peningkatan kebutuhan masyarakat akan uang kartal, antara lain terkait dengan pembayaran, THR, serta kebutuhan lainnya.

Ia juga memastikan, akan ketersediaan uang tunai yang dibutuhkan masyarakat dalam pecahan yang sesuai kebutuhan, dengan kondisi yang layak edar dalam waktu yang tepat. Untuk itu, Kantor Perwakilan BI Bangka Belitung telah menyiapkan beberapa saluran, untuk memenuhi kebutuhan uang kartal tersebut. (Erw_HK).

Penulis : Erwin Gunawan ll editor : Heri Kurniawan

Tidak ada komentar: