Dinas Perhubungan Babel Bersama Pemkab Babar Bahas Kesiapan Pengembangan Pelabuhan Tanjung Ular - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Mei 16, 2018

Dinas Perhubungan Babel Bersama Pemkab Babar Bahas Kesiapan Pengembangan Pelabuhan Tanjung Ular

INRADIOFM.COM, BANGKA BARAT - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengembangan pelabuhan Tanjung Ular (Muntok) Bangka Barat, di ruang rapat OR kantor Bupati Bangka Barat, Selasa (15/5/2018).

Rakor tersebut mendiskusikan kematangan dan kesiapan proses percepatan pembangunan dalam pengembangan pelabuhan Tanjung Ular, sebagai langkah pemerintah untuk mempermudah akses keluar masuk barang dari pulau Bangka menuju daerah lain, atau sebaliknya.

Nadir Kepala Bidang Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan Babel menyampaikan, rapat koordinasi tersebut menghasilkan keputusan bahwa Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka barat untuk dapat segera melengkapi administrasi yang belum selesai dilakukan, yaitu studi AMDAL tahun 2018.

"Ada beberapa hal administrasi yang belum diselesaikan untuk segera diselesaikan, yaitu studi AMDAL 2018," terangnya.

Dijelaskannya, tahapan proses pengembangan kawasan pelabuhan itu sudah dilalui dan telah selesai dilakukan, yaitu studi kelayakan tahun 2013, DED dan SID tahun 2014, RIP dan DLKr dan DLKP tahun 2015, penyediaan lahan tahun 2014, serta studi kelayakan terminal Tanjung Ular oleh Puslitbang Kementerian Perhubungan di tahun 2017.

Pengembangan pelabuhan Tanjung Ular itu dapat mempercepat wilayah tersebut menjadi kawasan industri. Dari segi kelayakan ekonomi juga dapat diperoleh, serta berdampak besar bagi masyarakat Bangka Belitung, khususnya masyarakat kabupaten Bangka Barat, serta dapat menekan biaya transportasi darat.

Rakor juga mendiskusikan beberapa permasalahan teknis terkait Breakwater. Dengan melakukan kajian yang mendalam, terkait kondisi alam untuk membangun suatu dermaga yang kondusif dan Multipurpose.

Sementara itu, tampak hadir dalam rakor tersebut selain pejabat dari Dinas Perhubungan Provinsi Babel, juga dihadiri Bupati Bangka Barat Parhan Ali, pejabat dari Kemenko Maritim, Kemenhub beserta jajarannya, Sekda Bangka Barat Yunan Helmi, pihak BPPT, dinas Bappeda Provinsi Babel, Kepala Kantor Sahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muntok Capt Muas Effendi, serta pihak PT. Pelindo. (erw_HK)

Penulis : Erwin Gunawan ll editor : Heri Kurniawan

Tidak ada komentar: