Firdaus Lc, M.Pd : Lima Rahasia Mencetak Generasi Rabbani - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Sabtu, Mei 26, 2018

Firdaus Lc, M.Pd : Lima Rahasia Mencetak Generasi Rabbani

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Orangtua mana yang tak bangga memiliki anak - anak sholeh sholehah dikehidupan nyatanya, tentulah ini menjadi sebuah kado terindah bagi pasangan suami istri demi memberikan yang terbaik untuk keluarga kecilnya selama ini.

Ustadz Firdaus Lc, M.Pd, selaku owner dari Sekolah Alam Bangka Belitung ( SABB ), mengatakan ada lima (5) point penting yang mampu membentuk setiap anak menjadi kebanggaan bagi setiap orangtuanya. Bersumber dari buku ' Tarbiyatul Aulad Fil Islam ' karangan dari Dr. Abdullah Nasih Ulwan.

Hal ini dikemukakannya saat diwawancari diprogram Cerudik In Radio, rabu (23/05/2018) malam.

Yang pertama menurutnya, setiap orang tua harus dapat memastikan bahwa mereka dapat menjadi orang tua yang terbaik untuk anak - anaknya.

" Bagaimana pun juga, anak itu tipe peniru ulung, persis seperti kertas, indah tidaknya sebuah lukisan dikertas itu sangat bergantung orang tuanya, karnanya orang tua wajib mencontohkan yang baik - baik," ungkapnya

" Bahasa ringan saya, kalo saat ini kita belum bisa memberikan contoh yang terbaik, paling tidak jangan perlihatkan hal jelek didepan anak - anak kita, ini prinsip," tambahnya.

Yang kedua menurutnya tak kalah penting adalah membiasakan anak - anak semenjak kecil mengerjakan kebiasaan baik setiap harinya

" Ingat hadist riwayat Abu Daud, Rosullullah menyuruh anak kita sholat, umur berapa, 7 tahun. Padahal kita semua tau, anak umur seusia itu belum akhil belum baligh," jelasnya

" Maknanya apa, agar anak - anak sejak kecil terbiasa melakukan sholat sehingga saat akhil baligh mereka sudah terbiasa melakukan kebaikan - kebaikan yang lainnya," tambahnya

Hal ketiga yang juga penting adalah mendidik anak dengan metode dialog seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim kepada anaknya Nabi Ismail.

Hal keempat menurut Ustadz Firdaus Lc, M.Pd yang juga penting adalah setiap orang tua harus  bisa memastikan memberikan lingkungan yang terbaik untuk anak - anaknya, mulai dari sekolah yang baik, teman yang baik bahkan lingkungan dirumah yang baik yang mendukung tumbuh kembang anaknya.

Hal terakhir, adalah setiap orang tua bisa mendidik anaknya dengan reward dan punisment.

" Kita boleh memberikan hukuman tapi dengan mendidik, makanya dalam Islam, menghukum anak pun ada caranya. Tak boleh memukul wajah anak karena wajah tempatnya organ vital, ada mata, hidung, pendengaran dan otak tentunya," pesannya. (Ab)

Tidak ada komentar: