Hasan Wirayuda : Inilah Yang Disebut Warisan Paling Berharga Tokoh Pejuang Indonesia. - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Mei 08, 2018

Hasan Wirayuda : Inilah Yang Disebut Warisan Paling Berharga Tokoh Pejuang Indonesia.

INRADIOFM.COM, MUNTOK BANGKA BARAT - Tak berlebih adanya sebuah ungkapan yang selama ini akrab ditelinga setiap anak Bangsa bahwa Bangsa yang besar adalah Bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawannya. Hal ini pula diingatkan kembali oleh para tokoh nasional dalam Sarahsehan Sejarah Roem Royen Statement Memories di Museum Timah Indonesia di Kota Muntok Bangka Barat, sabtu (5/5/2018).

Salah satu catatan penting sempat pula dilontarkan oleh Hasan Wirayuda sebagai salah satu pemateri tentang bagaimana teruji kokohnya  nasionalisme para tokoh pejuang Indonesia salah satunya dari ketokohan seorang Mohammad Roem sebagai warisan berharga untuk generasi muda Bangka Belitung.

" Pada saat tugas di Kairo Mesir, saya sempat bertemu Pak Rum. Beliau kala itu diundang mahasiswa Indonesia di Kairo, topiknya tentang Pak Harto," cerita Hasan.

" Pak Rum bilang ini. Jangan satu fakta itu anda anggap ringan. Perhatikan. Bung Karno mengalami 9 kali percobaan pembunuhan tapi tidak satu pun terhadap pak Harto," ingat Hasan.

" Ini mahasiswa mengharapkan jawaban yang mengecam pak Harto tapi beliau sebaliknya, mengapresiasi pak harto," tambah Hasan.

Hubungan Pribadi Mereka Baik Kepada Siapapun

Hasan Wirayuda yang juga merupakan Menteri Luar Negeri RI periode 2001 - 2009 ini mengatakan bahwa pribadi Mohammad Roem yang dibahas dalam Sarahsehan Sejarah ini adalah sosok pribadi baik karna mampu menjaga hubungan sangat baik dengan siapapun yang mengenalnya.

" Saya sempat tanya, apakah Pak Roem pernah sakit hati dengan pak Karno karena ditahan di Madiun dan apa jawaban beliau. Oh ndak, itu kan politik. Ketika dalam politik saya kalah saya ditahan tapi pak Karno tetap presiden saya," ungkap Hasan.

" Bahkan saat anak Mr. Royyen bertugas menjadi duta besar Belanda di Jakarta pernah mengatakan bahwa pak Roem itu sudah seperti Om nya," jelas Hasan.

" Terlepas sebagai kawan dan sahabat hubungan pribadi yang dimiliki para tokoh pejuang kita seperti pak Roem ini sangat - sangat baik. Inilah warisan contoh berharga, leadershipnya dari tokoh pejuang kita untuk para pemimpin Bangsa ini," pesan Hasan.

Selain Hasan Wirayuda turut pula sebagai pemateri ada Prof. Hj. Meutia Hatta ( akademisi dan putri pertama Moh. Hatta ), Dr. dr. Roesdi Hussein ( Sejarahwan diplomasi RI ) dan Prof. Hamid Hasan ( Guru besar sejarah dari UPI Bandung ) dan moderator oleh Dr. Yan Megawandi (Sekda Prov. Kep. Bangka Belitung). (AB)

Tidak ada komentar: