Jelang Puasa, Tim Jejaring Keamanan Pangan Babel Sidak Pusat Pembelanjaan Modern - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Mei 11, 2018

Jelang Puasa, Tim Jejaring Keamanan Pangan Babel Sidak Pusat Pembelanjaan Modern

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan Inspeksi Mendadak ( Sidak ) dibeberapa tempat pusat pembelanjaan modern di wilayah Kota Pangkalpinang, Jumat (11/5/2018).

Tim yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan perdagangan, Dinas pangan, BPOM, serta Kepolisian daerah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendatangi pusat-pusat perbelanjaan yang sering dikunjungi masyarakat, untuk mengecek dan melihat langsung kondisi produk yang dipasarkan.

"Tim dibagi tiga kelompok untuk melakukan pengawasan serta pengecekan secara langsung, di beberapa tempat pusat perbelanjaan modern kota Pangkalpinang. Tim kita, tadi mendatangi Puncak dan Hypermart BTC," kata Pairus, salah seorang tim sekaligus Kabid Penindakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pairus menyampaikan, pengecekan yang dilakukan terhadap makanan dan minuman ini, untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, sehingga masyarakat merasa aman dalam mengkonsumsi pangan seperti makanan segar dan makanan olahan. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan keamanan produk lainnya, terkait perizinan, kemasan, serta masa kedaluwarsa.

Diungkapkannya, pengecekan tersebut dilakukan bukan hanya di pusat-pusat perbelanjaan di kota Pangkalpinang saja, namun dilaksanakan pula di wilayah Bangka Tengah, dan Bangka induk, serta daerah lainnya dengan melibatkan lembaga serta dinas terkait di wilayahnya masing-masing.

"Peningkatan pengawasan akan kami lakukan lebih intensif bersama dengan tim terkait, yaitu satgas pangan yang terus bekerja. Seperti kita ketahui, di Bulan Ramadhan banyaknya penjual makanan dan minuman yang bermunculan saat menjelang berbuka puasa," terangnya.

Tim terus bergerak termasuk tim satgas pangan daerah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, dalam melaksanakan ibadah puasa serta dapat membuat citra positif bagi dunia pariwisata Bangka Belitung.

Sementara itu, Ester dari tim BPOM Pangkalpinang menjelaskan, pengecekan dan pengawasan dilakukan setiap tahunnya, dan terus menerus mengimbau kepada masyarakat agar dapat melakukan pengecekan terhadap suatu produk.

Dikatakannya, saat ini masyarakat dapat secara langsung melakukan pengecekan terhadap suatu produk melalui online, yaitu "Cek BPOM".

"Selain pemerintah, masyarakat diharapkan dapat melindungi diri sendiri. Masyarakat harus pintar, sebelum mengkonsumsi maupun membeli suatu produk makanan atau minuman, cek dulu dengan melihat dari segi kelengkapan label, izin edar, serta tanggal kedaluwarsanya," ungkap Ester. (Erw_HK)

Tidak ada komentar: