Pemerintah Babel Dorong Tenaga Kerja Kontruksi Siap Bersaing Melalui Uji Kompetensi - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Mei 09, 2018

Pemerintah Babel Dorong Tenaga Kerja Kontruksi Siap Bersaing Melalui Uji Kompetensi

INRADIOFM.COM, BANGKA TENGAH -
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong langkah percepatan pembangunan daerah melalui uji kompetensi, sertifikasi tenaga kerja kontruksi (TKK), agar dapat mempersiapkan tenaga konstruksi yang mampu bersaing dan handal, serta kompeten di wilayah Bangka Belitung.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyampaikan, setiap perusahaan wajib mempekerjakan pekerja yang sudah disertifikasi, dan pekerja yang sudah bekerja lebih dari lima tahun, harus diberikan sertifikasi jika memiliki keterampilan dalam melaksanakan pekerjaannya.

Menurutnya, sertifikasi ini merupakan langkah untuk menciptakan produk yang aman, karena keamanan dimulai dari telah disertifikasinya para pekerja konstruksi.

"Tersertifikasinya pekerja konstruksi, merupakan awal untuk menghasilkan suatu produk yang aman," jelas Gubernur, dalam sambutan dalam acara Kick Off Percepatan Uji Sertifikasi Serentak Wilayah Kepulauan Bangka Belitung, yang berlangsung di halaman kantor Satker PJN Wilayah I Bangka Belitung, Pangkalan Baru, Rabu (9/5/2018).

Selain itu, Gubernur mengungkapkan, Pemprov Babel telah menjajaki kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Indonesia, agar setelah kelulusan seluruh siswa lulusan SMK yang ada di Babel, dapat memiliki sertifikasi.

"Targetnya, seluruh SMK di Babel harus mengadakan kerjasama dengan lembaga sertifikasi Indonesia, agar setelah lulus siswa SMK itu sudah dapat sertifikasi," ungkapnya.

Ia juga berharap melalui percepatan uji sertifikasi ini, Babel dapat melahirkan tenaga konstruksi yang mumpuni, handal, serta berkompeten di bidangnya masing-masing, sehingga dapat mendorong pembangunan infrastruktur di wilayah Bangka Belitung.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti sertifikasi tahap I berjumlah 540 orang, yang merupakan tenaga kerja konstruksi yang bekerja di lingkungan unit organisasi Kementerian PUPR, diantaranya Balai/Satuan Kerja Ditjen Sumber Daya Air, Balai/Satker Ditjen Bina Marga, Balai/Satker Ditjen Cipta Karya, Satker Ditjen Penyediaan Perumahan, serta Satker Dinas PU pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dan Dinas PU Pemerintah Bangka Selatan. (Erw_HK).

Tidak ada komentar: