Pemprov Babel Segera Cairkan Gaji Ke-13 dan Ke-14 ASN - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Mei 24, 2018

Pemprov Babel Segera Cairkan Gaji Ke-13 dan Ke-14 ASN

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Tunjangan Hari Raya (THR), atau gaji ke-14 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Babel, sudah disiapkan. Dana untuk pembayaran THR tersebut, sebesar kurang lebih Rp 22,2 Miliar, tinggal menunggu teknis pencairan.

Kepala Bidang Perbendaharaan Bakeuda Babel, Yizhar Oktavian, mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima aturan teknis pencairan gaji ke-14 ini, namun umumnya dibayarkan menjelang lebaran.

"Kalau uangnya sudah siap, sudah ada dan kita anggarkan, tetapi kapan diberikan itu yang belum tau kapan, bisa saja sebelum cuti bersama nantinya," kata Okta.

Ia menyebutkan, besaran anggaran gaji ke-14 yang diterima ASN ini umumnya, sama dengan gaji pokok yang diterima oleh pegawai.

"Kalau satu bulan itu kita pembayaran gaji  sekitar Rp 22.237.711.359, dengan gaji bersih 19.701.729100, kurang lebih nanti anggarannya juga demikian untuk gaji ke-14 dan gaji ke-13," terangnya.

Untuk gaji ke-14, umumnya dibayarkan menjelang lebaran, sedangkan gaji ke-13 dibayarkan ketika liburan sekolah, karena peruntukkannya untuk mempersiapkan anak masuk sekolah.

Disinggung soal akankah THR dibayarkan juga beserta tunjangan kinerja, ia menyebutkan pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari pusat. 

"Tahun-tahun sebelumnya itu hanya gaji pokok dan tunjangan jabatan, kalau di kita tidak ada tunjangan kinerja tapi ada TPP," tukasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekda Babel Yan Megawandi, ia mengatakan hingga saat ini pemprov Babel masih menunggu arahan dari pemerintah pusat dalam hal pembayaran THR para ASN.

"Untuk THR biasanya ada arahan dari pusat nantinya, tapi berapa dan kapan kita masih menunggu keputusan dari pusat seperti apa karena kita tidak boleh mendahului mereka," ungkapnya.

Gaji ke-14 ini diterima oleh ASN, sementara untuk honorer tergantung penganggaran. Apakah ada dianggarkan oleh OPD atau tidak, apakah sebelumnya dianggarkan, sehingga pekerja honorer juga menerima gaji ke-13 yang dibayar menjelang lebaran.

"Kalau gaji ke-14 ini, ASN menerima full tanpa potongan, satu bulan gaji. Kalau gaji mereka pada umumnya kan banyak yang dipotong, tapi ini full diterima," pungkasnya. (TriDianita_HK)

Penulis : Tri Dianita ll editor : Heri Kurniawan

Tidak ada komentar: