Pemprov Babel Siapkan Sarana Prasarana Jelang Arus Mudik 2018 - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Mei 31, 2018

Pemprov Babel Siapkan Sarana Prasarana Jelang Arus Mudik 2018

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Babel, KA. Tajuddin, memastikan pihaknya sudah mempersiapkan fasilitas dan sarana prasarana menjelang arus mudik lebaran tahun 2018, di sejumlah titik yang diprediksi akan ramai dipadati oleh pemudik.

"Beberapa titik sudah kita siapkan, baik di pelabuhan, bandara maupun terminal, mudah-mudahan siap menghadapi arus mudik tahun ini," katanya.

Untuk pelabuhan, Dishub dan pihak terkait mempersiapkan pelabuhan Tanjung Kalian lebih maksimal, bahkan daya tampung pelabuhan pun dipastikan lebih banyak sehingga kapasitas penumpang dan kendaraan bisa lebih banyak.

"Pelabuhan Tanjung kalian sudah melakukan beberapa persiapan seperti penambahan kapal, dari enam sekarang sembilan dalam rangka antisipasi peningkatan penumpang, area parkir menampung 100 unit kendaraan sehingga lebih nyaman, dan kapasitas terminal penumpang 500 orang, mudah-mudahan tidak ada penumpukan penumpang," bebernya.

Untuk angkutan menuju pelabuhan , total bus antar kota dalam provinsi (AKDP) di Babel menurutnya ada 416 bus, dan paling terbanyak adalah rute menuju Tanjung Kalian.

"Harapan dengan adanya bus tidak ada hambatan menghantarkan masyarakat ke pelabuhan. Prinsipnya mudah-mudahan mudik tahun ini lebih baik," harapnya.

Ia memprediksi, lonjakan pemudik tahun ini akan meningkat 4 persen dibandingkan tahun lalu, hal ini dikarenakan waktu libur yang lebih panjang sehingga dipastikan pemudik akan memanfaatkan kesempatan ini untuk berlebaran bersama keluarga, baik yang ada di Babel maupun di luar Babel.

"Puncak arus mudik diperkirakan pada 12 Juni 2018 sedangkan arus balik 20 Juni 2018, " pungkasnya.

Penulis : Tri Dinata

Tidak ada komentar: