Penuhi Kebutuhan Konsumen Atas Daging Segar Jelang Lebaran, 1700 Sapi Siap Potong - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Mei 22, 2018

Penuhi Kebutuhan Konsumen Atas Daging Segar Jelang Lebaran, 1700 Sapi Siap Potong

INRADIOFM.COMPANGKALPINANG - Antisipasi kelangkaan daging sapi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi segar menjelang lebaran Idul Fitri dan disaat bulan Ramadhan 1439 Hijriyah, sebanyak 1700 ekor sapi dari luar Pulau Bangka telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pangkalpinang dan sekitarnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pangan dan Peternakan Kota Pangkalpinang, Ghozali Efendi menyampaikan, sapi sebanyak 1700 ekor tersebut didatangkan dari para distributor sapi asal Lampung dan Sumatera Selatan, yang merupakan daerah sentra penggemukan ternak sapi.

"Sapi-sapi itu, kami datangkan dari para distributor asal lampung dan sumsel, mereka sentra penggemukan ternak sapi,'' kata Ghozali Effendi di ruang kerjanya, Selasa (22/5/2018).

Ia menjelaskan, sapi-sapi tersebut memiliki ukuran cukup besar berkisar antara 400 hingga 500 kilogram per ekornya, dan telah melalui beberapa tahapan pengujian kelayakan, seperti telah memiliki izin kesehatan ternak dari daerah asal sapi, serta pemeriksaan dokumen dan fisiknya (karantina).

Ia menambahkan, salah satu faktor yang menjadi perhatian serius untuk menjaga ketersediaan sapi ketika lebaran adalah tranportasi, karena dengan jumlah sapi sebanyak itu, tidak dapat diangkut secara bersama-sama. Namun, dapat dilakukan secara bertahap. Diakuinya, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan satgas pangan, agar mendapatkan pengawalan oleh pihak Polda Babel.

Sejauh ini, dalam proses pengiriman sapi dari luar, yaitu dengan menitipkan sapi-sapi di tempat pemotongan. Ia juga berharap agar penyeberangan sapi-sapi ini menjadi prioritas, karena menjelang hari H akan bersamaan dengan penumpang yang mudik lebaran, sehingga dengan adanya pengawalan, tidak menemui kendala terhadap lalulintas. (Erw_HK).

Penulis : Erwin Gunawan ll editor : Heri Kurniawan

Tidak ada komentar: