Peringati Hari Anti Tembakau 2018 , Sekda Babel : KTR Ciptakan Lingkungan Sehat - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Mei 17, 2018

Peringati Hari Anti Tembakau 2018 , Sekda Babel : KTR Ciptakan Lingkungan Sehat

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka memperingati Hari Anti Tembakau Sedunia  Tahun 2018, menggelar seminar kesehatan dengan tema "Rokok Penyebab Sakit Jantung dan Melukai Hati Keluarga", yang berlangsung di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Kamis (17/5/2018).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi bersama dr. Sandra Diah Ratih, Kepala Sub direktorat Penyakit Paru Kronis dan Gangguan Imunologi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, menjadi pembicara dalam seminar kesehatan tersebut.

Sekda Yan Megawandi menyampaikan, angka penderita penyakit tidak menular yaitu Hipertensi dan Perokok di wilayah Bangka Belitung sangat tinggi sekali.

"Menurut survei pada tahun 2013 lalu, kita berada pada tingkat pertama terhadap dua penyakit menular tersebut," terangnya.

Oleh karena itu, menurutnya, seminar ini merupakan langkah untuk mengampanyekan penyakit tidak menular, yang angkanya dapat ditekan semakin rendah, setidaknya tidak selaju saat ini. Dan, sebagai momentum untuk diskusi dan evaluasi bersama, agar kebijakan terkait dapat menurunkan turbulensi penyakit tidak menular, antara lain dengan melakukan kebijakan perluasan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Diakuinya, pemerintah sudah berupaya menekan angka penyakit tidak menular ini, dengan membuat peraturan daerah (Perda), dan peraturan Gubernur, terkait dengan pembentukan Kawasan Tanpa Rokok, dikarenakan dari tahun ke tahun cenderung angkanya semakin meningkat.

Terkait pendapatan dari pajak rokok, yang dinilainya tidak semata mata hanya melihat dari segi pendapatan saja, namun saat ini mulai berpikir berapakah biaya yang akan dikeluarkan untuk menangani persoalan tersebut, jangan dapat satu keluar dua.

"Dengan satu tekad bersama, dalam seminar ini kita ingin mewariskan kepada generasi sesudah kita, suatu lingkungan yang jauh lebih baik dari sekarang," harapnya. (Erw_HK)

Penulis : erwin gunawan ll editor : heri kurniawan

Tidak ada komentar: