Pesan Bang Napi, Di Bulan Suci - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Senin, Mei 28, 2018

Pesan Bang Napi, Di Bulan Suci

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Seandainya waktu bisa diputar kembali, tentu tidak satupun manusia yang ingin berada ditempat yang membuatnya jauh dari keluarga, bahkan terasing dari pergaulan selama ini. Namun, begitulah realita hidup yang terkadang dialami sebagian kita, kala hukum ditegakkan, membuat kita seakan berada dibatas tipis persimpangan antara kebenaran dan kesalahan.

Hal tersebut turut dirasakan salah satu warga binaan Lapas Tuatunu kelas II A Pangkalpinang, sebut saja Rian (nama samaran), yang bercerita tentang hikmahnya menjalankan ibadah puasa dibalik sel tahanan, dalam program CERUDIK In Radio, Jum'at (25/5/2018) malam.

Bagi Bang Rian, ibadah puasa yang sudah tiga (3) tahun ini dijalaninya dibalik sel, membuatnya semakin tegar dan ikhlas menjalani hari-harinya, dan memaknai ini bukan lagi semata-mata ujian, namun bagian dari takdir dari Allah Subhanahu Wa ta'ala.

"Disinilah (lapas), tempat saya belajar menata hati, terlepas benar dan salah, faktanya saya terhukum disini," ungkapnya.

Diakuinya, dulu dirinya salah dalam memaknai arti bahagia. Ternyata, hakikat bahagia itu, dikatakannya adalah hati yang selalu terkoneksi dengan Allah Subhanahu Wa ta'ala. "Mau dimanapun tempatnya sekarang ini, InsyaAllah bahagia itu, bahagianya bersama Allah Subhanahu Wa ta'ala," ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu cara terindah memaknai hidup adalah dengan memperbaiki hubungan dengan sang Khalik, Allah subhanahu Wa Ta'ala, salah satunya dengan menjaga sholat lima (5) waktu.

"Sering kita menganggap sholat itu, beban, menyita waktu kita. Padahal kalo mau jujur saja, berapa lama waktu kita sholat, paling 5 menitan, sedangkan siapapun tau jatah hidup di dunia ini teramat singkat," ungkapnya.

Bang Rian pun berpesan, dan mengajak umat muslim memanfaatkan bulan Ramadhan ini, mengevaluasi dan memperbaiki diri, seperti apa seharusnya hubungan kita dengan Allah Subhanahu Wa ta'ala. "Awali dengan memperbaiki dan menjaga sholatmu yang itu setiap hari," pesannya. (AB_HK)

Penulis : Abu Bakar ll editor : Heri Kurniawan

Tidak ada komentar: