Zaenuddin S.PdI : Bahagia Dunia Akhirat, Kuncinya Kuasai Ilmu - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Mei 22, 2018

Zaenuddin S.PdI : Bahagia Dunia Akhirat, Kuncinya Kuasai Ilmu

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANGKetua BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zaenuddin Alwi S.PdI mengatakan, salah satu kunci keberhasilan seorang muslim dapat bahagia hidup dunia dan akhirat, adalah dengan menguasai ilmu yang tidak hanya bermanfaat untuknya saja, namun juga orang di sekitarnya.

Hal ini disampaikannya dalam program Cerudik In Radio, 97,6 FM Pangkalpinang, Senin (21/5/2018) malam, dan menjadi sebuah pesan khusus bagi generasi muda muslim di Bangka Belitung.

"Masa muda adalah masa yang luar biasa, dari hal menuntut ilmu saja. Belajar di masa muda cepat dapatnya lama hilangnya. Tapi, kalo belajar di masa tua kebalikannya, lambat dapatnya, cepat hilangnya," ungkapnya.

Ia mengatakan, Rosulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara. Salah satunya, pergunakanlah waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, ini maksudnya, lakukanlah ketaatan ketika dalam kondisi kuat untuk beramal (yaitu di waktu muda), sebelum datang masa tua renta. Dan, didiklah Anak-anakmu, karena masa Anak-anakmu akan berbeda dengan masamu. "Jelaslah kebenaran sabda Rasulullah ini," terangnya.

Ia menambahkan, para generasi muda muslim Bangka Belitung dapat memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai momentum terbaik, dalam hal mengaji dan mengkaji terutama ilmu dunia dan akhirat, agar dapat menjadikan dirinya sebagai pribadi muslim terbaik di masa yang akan datang.

"Saat mengaji, disamping kita membaca Al-Qur'an, yang kita tahu pahalanya luar biasa besar, kita juga harus mengkajinya. Melihat ayat-ayat Al-Qur'an yang menjadi hikmah, peringatan dan contoh bagi kita semua," tambahnya.

Ustadz Zaenuddin Alwi S.PdI yang juga kepala sekolah di MINU (Madrasah Ibthida'iyah Nahdhatul Ulama) Pangkalpinang ini, turut mengingatkan betapa pentingnya tiap generasi muda muslim di Bangka Belitung untuk memiliki semangat yang kuat dalam bersekolah, dan menuntut ilmu setiap hari, sebagai modal kunci keberhasilan meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

"Ilmu persiapan dunia, dimulai sejak SD sampai perguruan tinggi. Semangatlah menuntutnya, apalagi kedepan persaingan tenaga kerja luar biasa, jangan sampai kita jadi buruh oleh bangsa lain di negeri sendiri," jelasnya.

Harapannya, para generasi muda muslim di Bangka Belitung dapat memahami kandungan atau makna do'a, Robbana aatina fiddunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa 'adzaban naar, yang artinya Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka.


"Dan, kita dianjurkan untuk merutinkan do'a ini, karena lafadznya begitu ringkas, namun mengandung permintaan kebaikan dunia dan akhirat. Jika ingin menguasai dunia dengan ilmu, juga kuasai akhirat dengan ilmu. Mari pergunakan masa mudamu dengan sebaik-baiknya. Tuntutlah ilmu, baik ilmu dunia maupun akhirat," pesannya. (AB_HK)

Penulis : Abu Bakar || editor : Heri Kurniawan

Tidak ada komentar: