154 Siswa SMA Bersaing Mendapatkan BUD Kedokteran Dari Pemkab Bangka - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juni 27, 2018

154 Siswa SMA Bersaing Mendapatkan BUD Kedokteran Dari Pemkab Bangka

INRADIOFM.COM, BANGKA - Sebanyak 154 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPA se-Kabupaten Bangka, akan mengikuti ujian seleksi penerimaan bantuan Beasiswa Utusan Daerah (BUD) jurusan Kedokteraan, dari Pemerintah Kabupaten Bangka untuk dikuliahkan di Universitas Jambi.

Pengarahan para siswa yang akan mengikuti seleksi tersebut, langsung diberikan oleh Bupati Bangka H Tarmizi Saat, Selasa (26/6/2018) di SMP Negeri 2 Sungailiat. Juga tampak hadir, Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, H Padli dan Hj. Siti Januarsih, serta Kasi Perencanaan dan Pelaporan, Hari Subari.

Beberapa orangtua siswa juga hadir, untuk melihat anaknya yang akan ikut serta dalam kegiatan seleksi ini, yang rencananya akan dilaksanakan beberapa hari lagi di ruang pertemuan Novilla Resort Sungailiat, Bangka.

Bupati Bangka, Tarmidzi Saat, dalam arahannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangka di tahun 2018 ini telah merencanakan, untuk mengadakan kegiatan bantuan beasiswa utusan daerah (BUD) untuk dokter umum dan dokter gigi.

"Tahun ini, ada sepuluh orang rencananya, dan akan kita bagi dua, dan telah kita rapatkan," ungkap bupati.

Diungkapkannya, alasan diadakan seleksi bantuan BUD untuk dokter ini, dikarenakan sudah semakin banyaknya rumah sakit umum daerah di Kabupaten Bangka, yang membutuhkan banyak dokter.

"Kita masih perlu dokter, baik itu dokter umum maupun spesialis dan sub spesialis, dan hal ini telah kita pikirkan sedikit demi sedikit menambah dokter, dan dimulai dari BUD ini," ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan, untuk dokter sub spesialis sejauh ini baru satu dokter yang ada, masih banyak dokter yang dibutuhkan. Dan upaya ini untuk membantu masyarakat, agar dapat melanjutkan kuliahnya di jurusan kedokteran.

"Kemarin juga ada beberapa keluarga yang tidak mampu lagi melanjutkan kuliah anaknya di kedokteran, dan akan berhenti di tengah jalan, lalu kita bantu dengan syarat harus mengabdi selama tiga tahun di Bangka, kalau untuk BUD harus lebih dari lima tahun sampai sepuluh tahun nantinya, masih banyak kurang dokternya kita ini, dokter syaraf, kandungan dan lainnya, dan ini banyak membutuhkan dana, bisa milyaran," kata bupati.

Bupati juga menyampaikan, dengan adanya sekolah untuk jurusan kedokteran ini, diharapkan putera daerah bisa mengabdikan dirinya untuk kesehatan masyarakat.

"Biayanya memang besar, namun tak jadi persoalan, karena semua untuk masyarakat, dan kalau kita mengambil dokter dari luar, itu hanya sebentar lalu minta pindah," ujarnya.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada para siswa yang mengikuti seleksi beasiswa BUD ini, diharapkan agar benar-benar dalam belajar, sehingga berhasil cepat dan dapat membantu pemerintah.

"Dilaksanakan dengan benar dan tidak terpaksa, kita ingin kalian semua benar-benar berhasil, dan kuliah yang tidak mengecewakan orangtua. Sekarang ini prioritas yang utama di derah kita adalah sektor pariwisata, dan juga sektor lainnya, kuliah sesuai dengan minat dan dihubungkan dengan potensi yang ada di Kabupaten Bangka ini, kalau bisa sekolah seperti yang dibutuhkan, seperti dokter, pariwisata, ekonomi dan lainnya, kalau yang umum saya rasa sudah banyak," pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Hj. Siti Januarsih mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bangka untuk memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pendidikan di Kabupaten Bangka.

"Kita akan MoU dengan Universitas Jambi untuk jurusan kedokteran ini, akan ada sepuluh orang yang akan kita sekolahkan dengan perincian nantinya lima dokter umum dan dokter giginya lima, akan kita rapatkan kembali, karena keinginan pak Bupati Bangka sepuluh orang," jelasnya.

Selain itu, ia berharap kepada siswa yang telah mengikuiti tes seleksi untuk belajar dengan giat, sehingga bisa mendapatkan kuota yang hanya sedikit.

"Yang masuk ke kita ada 155, namun yang lolos seleksi ada 154, dan yang diterima sepuluh orang yang awalnya hanya lima, jadi persiapkan dirinya, sehingga bisa berhasil, tes akan dilaksanakan dalam beberapa hari lagi, nantinya akan dilaksanakan di Hotel Novilla yang diawasi langsung oleh tim kita juga dari Universitas Jambi, sekitar akhir bulan nanti," terangnya. (HK)

Sumber : Humas Pemkab Bangka

Tidak ada komentar: