BAZNAS : Idealnya Zakat Sudah di Bagikan 3 Hari Sebelum Lebaran - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juni 13, 2018

BAZNAS : Idealnya Zakat Sudah di Bagikan 3 Hari Sebelum Lebaran

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bangka Belitung H. Sofyan Sauri mengatakan, penyerahan zakat dari panitia zakat khususnya yang ada dimasjid - masjid, haruslah tepat sasaran dilapangan sehingga para mustahiq atau fakir miskin dapat pula merasakan kebahagiaan yang sama di Hari Raya Idul Fitri. Hal ini disampaikannya saat ditemui crew Cerudik In Radio diruang kerjanya, Jalan Pelipur, Pangkalpinang, Kamis, (7/6/2018)

Ia mengatakan penyaluran zakat terutama zakat Maal (harta) di bulan Ramadhan haruslah benar - benar memperhatikan terutama fakta dan data dilapangan terhadap orang yang benar dan paling berhak menerimanya.

"Untuk Zakat Maal, harus ada keterangan jelas dari kelurahan, status yang menerima ini, benaran fakir miskin atau dhuafa. Jangan di kira - kira, ini paman saya pak, ponakan saya pak, masukkan saja, ga' bisa. Sudah ada rambu - rambunya," ungkapnya.

"Karena itu, kalaupun juga panitia zakat mendapatkan bagian, jangan ada diatas Mustahiq. Misalnya, panitia dapat 5 porsi, mustahiqnya dapat 1 porsi, dak boleh itu dan dak ada cerita  untuk hal seperti itu," tegasnya.

Benarkah Lebih Afdhol Membayar Zakat di Malam Takbiran

Ia menambahkan sebaiknya segala proses pembagian zakat dibulan Ramadhan terutama di Masjid - masjis sudah dapat diselesaikan minimal tiga (3) hari sebelum Hari Raya Idul Fitri agar dapat mempermudah tugas panitia zakat dalam memastikan semua hasil zakat yang terkumpul sudah dibagikan semua kepada yang paling berhak menerimanya.

"Di masyarakat kita ini, katanya, membayar zakat fitrah diujung Ramadhan itu adalah yang paling Afdhol. Iya kalo Afdhol tidak menyusahkan. Kasihan panitia sampai jam 12 belum selesai, mereka juga butuh istirahat, mereka pengen juga takbiran seperti kita," ungkapnya.

"Sehingga kalau ada yang menganjurkan, tiga (3) hari sebelum lebaran, tidak lagi menerima zakat, itu betul. Sebab apa, zakat fitrah ini konsekuensinya wajib diantar. Bagaimana dengan yang tinggal dipelosok, dipanggil ga' datang. Sekiranya ini bisa dipahami, betapa tidak mudahnya jadi panitia zakat dimalam takbiran," harapnya. (AB)

Penulis : Abu Bakar 

Tidak ada komentar: