Cuaca Ekstrim, Sebabkan Jaringan Internet Pemkab Beltim Putus - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Juni 26, 2018

Cuaca Ekstrim, Sebabkan Jaringan Internet Pemkab Beltim Putus

INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM – Jaringan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Belitung Timur terganggu, sehingga tidak bisa diakses. Belum ada kepastian waktu hingga kapan situs dan penyedia internet dapat diakses kembali.

Kepala Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Beltim, Renta Manik mengatakan, rusaknya jaringan penyedia internet mengakibatkan pengumuman lelang paket proyek pengadaan tidak dapat diakses.

Hal ini disebabkan karena putusnya kabel serat optik akibat hujan deras di kawasan Genting Apit Desa Simpang Tiga Kecamatan Simpang Renggiang, Senin (25/6/2018) lalu.

"Sudah dari kemarin, karena tiang listriknya rusak biasanya dak lama sudah bisa diperbaiki. Cuman sampai hari ini belum bisa juga," kata Renta saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/6/2018).

Ia mengungkapkan jika serat optik dari ICON + yakni penyedia layanan menggunakan kabel dari PLN. Sehingga saat 5 buah tiang listrik roboh, jaringan penyedia pun ikut terputus.

"ICON plus ini merupakan anak perusahaan PLN, jadi mereka numpang sama PLN. Perbaikannya juga dari PLN, kemarin sudah mau diselesikan cuman karena masih parah cuacanya tertunda," terang Renta.

Setidaknya ada total 11 paket pengadaan yang sedang dilelang. Bagi kontraktor yang ingin tau tentang paket-paket yang ada dapat dating langsung ke LPSE.

"Paling kalau mau ikut lelang, harus dating langsung ke sini. Nanti bisa melakukan penawaran lewat akses wifi IP internet lokal di sini," terangnya lagi.

Selama tak bisa diakses LPSE Kabupaten Beltim akan diberikan pemotongan pembayaran.

Selain layanan lelang, jaringan internet pelangi.net, dan situs resmi Pemkab Beltim BelitungTimurkab.go.id juga terganggu. Hingga Selasa (26/6/2018) kondisi ini masih terjadi.

"Kan sama-sama providernya ICON Plus. Otomatis jaringan kita juga terganggu," jelas Kepala Bidang Penyelenggara E-Govemnent Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Beltim, Royan Agusriadie.

Royan berharap para pegawai Pemkab Beltim dapat bersabar dan mau menggunakan jaringan internet pribadi dulu untuk keperluan dinas.

Diharapkannya, Kamis (28/6/2018) nanti, jaringan sudah bisa kembali seperti sedia kala.

"InsyaAllah Kamis pas kita masuk sudah bisa diakses lagi, baik internet maupun website kita," ujarnya. (HK)

Sumber : Diskominfo Beltim

Tidak ada komentar: