DPRD Babel Meminta Peran Aktif OPD Dalam Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban APBD - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Juni 29, 2018

DPRD Babel Meminta Peran Aktif OPD Dalam Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban APBD


INRADIOFM.COM, Pangkalpinang -
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah ( Raperda ) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Jumat ( 29/06/2018 ).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel Hendra Apollo, diikuti Ketua Dewan dan segenap Anggota DPRD, serta dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah serta unsur Pimpinan tinggi Forkopimda di wilayah Provinsi Bangka Belitung.

Pimpinan sidang Paripurna, Wakil Ketua DPRD Babel Hendra Apollo menyampaikan dalam kesempatan tersebut bahwa Raperda merupakan kewajiban dari Pemerintah Daerah sebagaimana amanat UU. nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara dan UU. nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang menyatakan bahwa kepala daerah mempunyai tugas menyusun dan mengajukan Rancangan Perda tentang APBD, Rancangan Perda tentang Perubahan APBD, dan Rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD untuk dibahas bersama.

" Sehubungan dengan hal tersebut, maka diberikan kesempatan kepada saudara Gubernur untuk memberikan penjelasan terkait Raperda," jelasnya.

Lebih lanjut Pimpinan Sidang jelaskan, Apa  yang telah disampaikan Gubernur Bangka Belitung, Dewan akan membahas dan mengkaji substansi Raperda secara cermat dan teliti dalam rapat internal DPRD sesuai tata tertib.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada saudara Gubernur Erzaldi Rosman agar dapat memerintahkan seluruh OPD yang ada di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk aktif dalam melakukan pembahasan secara bersama bersama dengan DPRD.

Terakhir, sebelumnya dirinya meminta Kepada Sekwan DPRD Provinsi untuk dapat membacakan nama Anggota Pansus Dewan untuk dapat menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan BPK RI Babel tersebut. ( Erwin ).

Tidak ada komentar: