Gubernur Erzaldi Rosman : Kedepankan Forum Rembuk Dalam Pembahasan Anggaran - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Juni 29, 2018

Gubernur Erzaldi Rosman : Kedepankan Forum Rembuk Dalam Pembahasan Anggaran

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Sesuai amanat UU. No. 17 tahun 2003 dan UU. nomor 23 tahun 2014 tentang Keuangan daerah dan Pemerintahan Daerah menyatakan Kepala Daerah memiliki tugas menyusun dan mengajukan Rancangan Perda tentang APBD, Rancangan Perda tentang Perubahan APBD, serta Rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD untuk dibahas bersama.

Hal ini disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman kepada awak media sesaat setelah selesai menghadiri sekaligus menyampaikan Raperda pada acara Paripurna DPRD Provinsi Babel, Jumat (29/6/2018).

" Aturannya, sebelum 6 ( enam ) bulan setelah berakhirnya tahun anggaran Pemerintah Daerah harus menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD," terangnya.

Apa yang dilakukan sekarang ini menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi ingin tepat waktu sesuai dengan aturannya.

" Kebiasaan kebiasaan lama kita tinggalkan agar hasilnya sesuai aturan, jika sesuai aturan, rapi, dan tertib, saya menyakini kedepannya akan menghasilkan hasil yang lebih baik, efektif dan efisien," lanjut Gubernur Erzaldi.

Selain itu, saat ditanya terkait dengan hasil kinerja, Gubernur Erzaldi katakan  berdasarkan pemeriksaan oleh BPK RI Babel kinerja Pemerintah Provinsi semakin meningkat.

" Cuma satu mencapai angka 85, selebihnya pada angka 95 artinya kinerja Provinsi semakin sangat membaik, kedepannya kita akan berbuat lebih baik lagi dimulai dari perencanaan,"

Kemudian Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan langkah awal adalah pertanggungjawaban, kemudian perubahan, dan dilanjutkan pengusulan anggaran untuk RAPBD 2019, akan tetapi ini ada aturan Permendagri yang baru agar lebih cepat ini dapat dimajukan pada 2019 serta diiringi masuk ke anggaran perubahan.

" Mudah - mudahan peraturan yang baru ini dapat kita ikuti dan meminta kepada Sekda untuk mensosialisasikanya dalam Bamus agar dalam penyusunan ini dapat berjalan lancar," harapnya.

Bukan itu saja, Gubernur Erzaldi Rosman sudah memberikan arahan kepada setiap OPD untuk dapat meningkatkan komunikasi dan saling berkonsulidasi, jangan sekedar membahas anggaran dalam forum resmi saja, melainkan dirinya lebih cenderung dalam forum rembuk bersama sehingga suasana lebih cair dan tidak menimbulkan arogansi. (Erwin).

Tidak ada komentar: