Gubernur Roadshow Di Kemenhub Untuk Percepatan Pembangunan Perhubungan Di Babel - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Juni 26, 2018

Gubernur Roadshow Di Kemenhub Untuk Percepatan Pembangunan Perhubungan Di Babel


INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Dalam 1 hari Gubernur secara marathon mengadakan 3 agenda pertemuan, masing-masing dengan jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, pada hari yang sama juga diadakan pertemuan dengan Direktur Utama PT. Angkasa Pura 2.

Agenda secara Marathon tersebut bertujuan dalam upaya percepatan Pembangunan Infrastruktur perhubungan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ketersediaan infrastruktur tentu saja akan menjadi kunci utama dalam percepatan pembangunan sebuah wilayah, terlebih lagi Bangka Belitung memiliki posisi geografis yang strategis dalam aksesibilitas nasional dan secara Global guna mendorong pertumbuhan positif perekonomian masyarakat negeri serumpun sebalai.

Pembahasan pertemuan dengan jajaran perhubungan Udara melingkupi upaya memaksimalkan pemanfaatan aset baik milik Kementerian perhubungan, Pemerintah Provinsi dan aset dari Angkasa pura II. Seperti diantaranya, Pemanfaatan Gedung Terminal lama, gedung VIP Pemprov Babel, menara pengawas sebagai Heritage serta aset kementerian perhubungan yg belum diserahkan kepada pihak Angkasa pura II.

Bahkan dikatakan, Salah satu upaya pemanfaatan aset tersebut antara lain akan dibangunnya infrastruktur private jet service atau terminal khusus pesawat jet. Naza Holding corp. selaku investor yang meminati pembangunan infrastruktur Private Jet tersebutpun, sudah melakukan survey awal pada lokasi terminal lama dan apron lama dengan mengacu pada prospek pengembangannya.

Selain itu dalam jangka berikutnya fasilitas infrastruktur Bandara Depati Amir juga akan dilengkapi dengan pembangunan maintenance aircraft dengan prospek pasar yang sangat menguntungkan. Prosès pembangunan infrastruktur Private Jet dan pembangunan maintenance aircraft ini, sudah dimasukkan pula dalam review pengembangan Bandara Depati Amir.

Pada kesempatan itu Gubernur juga melaporkan upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemkab Belitung untuk lebih memantapkan bandara Internasional HAS Hanandjoedin Belitung dengan melakukan pembicaraan ke Menteri Pariwisata melalui pembuatan paket-paket wisata yang menarik yang tenyu saja di support oleh kementerian pariwisata. "Dengan semakin banyaknya ditawarkan paket wisata ini, maka diharapkan akan mendorong tumbuhnya penerbangan reguler ke bandara internasional HAS Hanadjoedin Belitung".

Pengembangan bandara di belitung ini juga diharapkan dapat terus di support oleh kementerian perhubungan, dan kemungkinan menjadi Badan Layanan Umum atau menjalin kerjasama dengan pihak Angkasa Pura 2.

Pada rapat tersebut pihak kementerian perhubungan mendukung upaya Gubernur untuk memaksimalkan aset yang ada dengan membangun private jet services dan maintenance aircraft, sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pemilik aset dan bagi perekonomian masyarakat Bangka Belitung. Terkait bandara HAS Hanandjoedin menurut kementerian perhubungan mereka juga menaruh perhatian pada upaya pengembangan Bandara Internasional HAS Hanandjoedin menjadi lebih baik.

Agenda kedua adalah bertatap muka dengan Jajaran Kementerian Perhubungan Darat, antara lain membahas tentang rencana pembangunan pelabuhan penyeberangan antar pulau di wilayah Bangka Belitung.

Dijelaskan Gubernur tentang ratusan pulau ada di wilayah Babel, yang sebagian berpenghuni. Pulau yang berpenghuni inilah yang membutuhkan ketersediaan pelabuhan sebagai aksebilitas masyarakat. Dalam Rencana Induk Pelabuhan Nasional, pelabuhan penyeberangan tersebut sudah masuk dalam Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN) sesuai KP 901 tahun 2016, sehingga pelabuhan antar pulau tersebut sudah masuk dalam perencanaan kementerian, untuk itu Gubernur mendorong Kementerian Perhubungan dapat mewujudkan apa yang sudah termasuk dalam Rencana pembangunan pelabuhan tersebut, Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/kota siap bersinergi satu sama lain.

Skema pembiayaan KPBU dan SMI dapat menjadi alternatif untuk kebutuhan pendanaannya. Dalam agenda kedua tersebut, juga dibahas tentang kondisi pelabuhan penyeberangan Tanjung Kalian Mentok Bangka Barat yang membutuhkan pula pengembangan dan peningkatan fasilitasnya. dengan usulan pembangunan dermaga 2 di pelabuhan Tanjung Kalian serta peningkatan kapasitas dan fasilitas kenyamanan penumpang di terminal tunggu Tanjung Kalian.

Perlunya tambahan pembangunan 1 dermaga baru di Tanjung kalian dipandang cukup mendesak, untuk mengurangi terjadinyà penumpukan kendaraan, dan penumpang di area pelabuhan, terutama pada waktu-waktu hari besar seperti idul fitri, libur natal dan tahun baru, atau hari libur panjang sekolah.

Sedangkan pada àgenda ketiga dibahas tentang rencana pengembangan pelabuhan pangkalbalam dan pengembangan pelabuhan Mentok dan Tanjung ular serta disampaikan pula tentang pengembangan pelabuhan manggar di Dendang Belitung Timur.

Disampaikan Gubernur pada kesempatan itu kondisi eksisting pelabuhan pangkalbalam yang seringkali mengalami pendangkalan, berakibat pada lamanya waktu kapal menunggu pasang nya air laut dan ditambah lg menunggu antrian bongkar muat di pelabuhan. Kondisi pelabuhan yang seperti ini yang berakibat tingginya indeks inflasi di Babel.

Diakhir agenda roadshow di kementerian Perhubungan, Gubernur menyempatkan diri menerima kunjungan Direktur utama PT.Angkasa Pura.II, membicarakan hal-hal terkait dengan review pengembangan Bandara Depati.Amir, termasuk rencana pembangunan Infrastruktur private jet dan maintenance aircraft.

Untuk kedepannya, sesuai hasil pertemuan gubernur dengan unsur Ditjen Udara, Ditjen perhubungan Darat, dan perhubungan Laut, segera dibentuk Tim pusat dan Tim Daerah guna percepatan pembangunan pelabuhan di Bangka Belitung. Tim inilah yang nanti akan secara intensif mengadakan rapat-rapat koordinasi untuk mencarikan solusi jika ada sesuatu masalah untuk percepatan. pembangunan pelabuhan di Bangka Belitung.

Roadshow Gubernur ke Kementerian Perhubungan ini didampingi kepala Dinas Perhubungan, kepala Bappeda, dan kepala dinas ESDM serta dari mitra perhubungan seperti Pelindo, ASDP, KSOP pàngkalbalam, KSOP mentok, serta GM Angkasa PURA 2.

Penulis : Nita
Editor : bgumay

Tidak ada komentar: