Ramadhan Tahun Ini Baznas Beltim Telah Salurkan Rp 225 juta - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Juni 05, 2018

Ramadhan Tahun Ini Baznas Beltim Telah Salurkan Rp 225 juta

INRADIOFM.COM, Damar, BELTIM – Di Bulan Ramadhan tahun ini Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung Timur, telah salurkan zakat dengan total Rp 225 juta. Zakat diberikan kepada 454 orang mustahiq (Orang yang berhak menerima zakat).

Ketua Baznas Kabupaten Beltim, Toharjo mengungkapkan, para mustahiq tersebut menerima zakat berupa uang tunai. Mereka adalah fakir miskin 400 orang, guru madrasah diniyah 35 orang dan marbot masjid 19 orang.

"Kalau untuk fakir miskin Rp 250 ribu per orang, guru madrasah Rp 500 ribu dan marbot masjid Rp 750 ribu," ungkap Toharjo seusai Safari Ramadhan Pemkab Beltim di Mesjid Al Kautsar Desa Mempaya Kecamatan Damar, Rabu (30/5/2018) lalu.

Toharjo mengatakan penyaluran tersebut hanya dilakukan khusus di Bulan Ramadhan, saat acara Safari Ramadhan kepada tiap-tiap Camat.

"Nantinya dari kecamatan dan desa yang akan memberikan langsung kepada warganya. Kita minta juga bukti penyerahan untuk laporan kita," jelas Toharjo.

Diungkapkannya, data para mustahiq yang diterima pihaknya, berasal dari Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Tiap kecamatan beda jumlah penerimanya, tergantung besaran jumlah penduduknya.

"Jadi semuanya sudah lengkap datanya, baik nama, alamat, Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukannya. Kita juga sudah verifikasi dengan data itu," kata Toharjo.

Ia juga mengungkapkan, jumlah pembayaran Zakat Mal atau Zakat Pendapatan oleh warga Kabupaten Beltim meningkat 20 persen pada Bulan Ramadhan tahun ini. Jika pada bulan-bulan sebelumnya pembayaran rutin zakat mal hanya mencapai Rp 25 juta perbulan, di bulan Ramadhan ini naik menjadi Rp 30 juta.

"Alhamdulillah, di hari baik dan bulan baik ini ada peningkatan sekitar Rp 5 juta dari biasanya," ungkapnya.  Ketua Baznas Kabupaten Beltim, Toharjo.

Di kesempatan yang sama, Bupati Beltim, Yuslih Ihza, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Beltim untuk berlomba-lomba membayar zakat, baik zakat mal maupun fitrah. Menurutnya, memang lebih baik jika pembayaran dilakukan pada Bulan Ramadhan.

"Bayar zakat kan salah satu kewajiban muslim, sama dengan sholat dan puasa. Makanya masak cuman puasa saja tapi dak membayar zakat, kan berlipat-lipat pahalanya kalau dilakukan sekarang," kata Yuslih.

Diakuinya, jika masih banyak warga yang hanya membayar zakat fitrah, tanpa sadar bahwa zakat mal juga wajib hukumnya. Bahkan, di kalangan pegawai negeri sipil (PNS), pandangan seperti itu masih sering ditemukan hal ini terlihat dari minimnya jumlah pegawai PNS yang membayarkan zakat malnya.

"Ada sedekah, ada zakat. Kalau sedekah itu mau ngasih berapa dan apa saja boleh. Kalau zakat ada hitungannya dan rutin dibayarkan," jelasnya.

Ia juga mengingatkan jajarannya, khususnya PNS yang akan mendapatkan gaji bulanan dan THR untuk dapat langsung membayarkan zakatnya.    

"Apalagi sebentar lagi PNS akan dapat gaji dan THR. Aturan kan tidak ada potongan THR, jangan lupa langsung dibayarkan zakatnya baik Mal dan Fitrah," pesannya.

Tahun 2018 ini Pemkab Beltim menetapkan Zakat Fitrah sebesar Rp 35 ribu. Jumlah ini naik Rp 5.000 dari tahun sebelumnya yakni Rp 30.000. (HK)

Sumber ;  Diskominfo Beltim

Tidak ada komentar: