608 siswa Lulus SBMPTN UBB - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juli 04, 2018

608 siswa Lulus SBMPTN UBB


INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Penetapan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 diumumkan pada pukul 15.00 WIB, Selasa (3/7/2018). Rektor UBB Dr Ir Muh Yusup MSi didampingi Wakil Rektor 1 Dr. Ir. Ismed Inonu, M.Si., Kepala BAKK Evia Eva, S.T.P., dan Humas SBMPTN UBB Agus Susanto, S.Pd.I., melakukan jumpa pers dengan wartawan media lokal yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, sebagai sarana memperluas informasi tersebut kepada siswa dan masyarakat.

Nama-nama siswa yang lulus SBMPTN dan diterima pada PTN diumumkan secara nasional melalui laman resmi sbmptn.ac.id atau laman Perguruan Tinggi Negeri masing-masing. Pengumuman hasil SBMPTN 2018 bagi siswa yang dinyatakan lolos ke Universitas Bangka Belitung (UBB) sebanyak 608 siswa dari total 4.645 siswa yang pilihannya memilih ke UBB. Rincian pilihan yang dinyatakan lulus berdasarkan kelompoh saintek sebanyak 322 siswa, dan kelompok soshum sebanyak 286 siswa. 

608 alumni SLTA yang lulus SBMPTN dan diterima ke UBB dengan rincian disetiap Fakultas dan Prodi antara lain ; sebanyak 133 siswa yang diterima di Fakultas Teknik (FT), di antaranya 18  diterima di Prodi Teknik Mesin, 29 di Prodi Teknik Elektro, 20 di Prodi Teknik Pertambangan, 32 di Prodi Teknik Sipil, 16 di Prodi Kimia, dan 18 di Prodi Fisika.

Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FPPB) sebanyak 189 siswa yang diterima, diantaranya 46 diterima di Prodi Agroteknologi, 29 di Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, 15 di Prodi Biologi, 39 di Prodi Agribisnis, 40 di Prodi Budidaya Perairan, dan 20 di prodi Ilmu Kelautan.

Selanjutnya, di Fakultas Ekonomi (FE) dari 160 siswa yang diterima,  diantaranya 60 diterima di Prodi Manajemen, 60 di Prodi Akuntansi, dan 40 di Prodi Ekonomi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) yang dinyatakan lulus sebanyak 76 siswa, diantaranya 20 diterima di Prodi Sosiologi, 25 di Prodi Sastera Inggris,  dan 31 orang diterima di  Prodi Ilmu Politik. Sementara di Fakultas Hukum (FH), yang hanya punya satu prodi (Ilmu Hukum) dinyatakan lulus sebanyak 50 siswa.

Dijelaskan wakil Rektor 1, kuota mahasiswa baru UBB tahun ini tidak jauh beda dengan tahun lalu, namun tingkat ketetatan ada peningkatan, serta bagi siswa yang lulus SBMPTN tahun 2018 ke UBB dan sebagai peserta Bidikmisi perlu dilakukan verifikasi dan seleksi kelayakannya sebagai mahasiswa penerima bantuan pendidikan (Bidikmisi) sesuai dengan kuota nantinya.

Pengumuman hasil SBMPTN sudah dapat diakses pukul 15.00 WIB hari ini selasa, 03 Juni 2018 melalui laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. 

Wakil Rektor I UBB Dr. Ir. Ismed Inonu, M.Si., menghimbau kepada siswa SBMPTN yang diterima di UBB, untuk melakukan tahap verifikasi untuk pengisian biodata secara online di laman http://ubb.eakademik.id/ubb/pmb.zul pada tanggal 5 Juli s.d. 15 Juli 2018, dan wajib mengunggah dokumen berikut (dalam bentuk jpg/pdf,ukuran maksimal 500kb) pada batas waktu yang telah ditentukan. 

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi untuk mengetahui informasi besaran uang kuliah tunggal (UKT) yang harus dibayar setiap semester dapat dilihat pada laman pmb.ubb.ai.id pada tanggal 17 Juli 2018 pukul 15.00 wib. Bagi mahasiswa yang sudah mengetahui besaran UKT wajib melakukan pembayaran ke Bank yang sudah ditunjuk pada tanggal 17 – 19 Juli 2018.

"Kami mohon bagi peserta yang lulus SBMPTN dan diterima di UBB untuk mencermati dan mentaati tahapan-tahapan lain yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN, terutama dengan ketentuan persyaratan melakukan verifikasi dan registrasi data sesuai jadwal yang sudah ditentukan, dan dapat dilihat di website ubb.ac.id," ujar ujar Ismed Inonu.

Apabila calon mahasiswa tidak melaksanakan registrasi/daftar ulang dari tanggal 19 - 20 Juli 2018 pukul 16.00 WIB, maka  dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UBB tahun Akademik 2018/2019.

Wakil Rektor I menambahkan, bagi peserta yang belum lolos ke UBB melaui SBMPTN jangan berkecil hati, karena masih ada peluang dan tahapan ketiga/terakhir penerimaan mahasiswa baru UBB yakni melalui jalur Seleksi Mandiri masuk UBB bersama PTN wilayah barat (SMMPTN-Barat 2018). (Nita)

Tidak ada komentar: