BI Temukan 33 Lembar Uang Palsu Beredar Di Babel - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Senin, Juli 16, 2018

BI Temukan 33 Lembar Uang Palsu Beredar Di Babel

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bangka Belitung menemukan 33 lembar uang palsu yang telah beredar di Babel sejak Januari hingga April 2018.

"Jumlah uang palsu yang kita temukan di Babel relatif rendah di banding provinsi lainnya. Namun jumlah tersebut sama dengan jumlah tahun lalu pada periode yang sama juga," kata Kepala BI Perwakilan Babel, Tantan Heroika di Pangkalpinang, Minggu (15/7/2018).

Ia mengatakan, sebanyak 33 lembar uang palsu tersebut, terdiri dari  pecahan Rp 100 ribu sebanyak 18 lembar, Rp 50 ribu sebanyak 14 lembar dan Rp 20 ribu 1 lembar. Adanya penemuan uang palsu tersebut karena adanya laporan masyarakat yang diterima perbankan.

"Dari masyarakat perbankan menerima uang palsu itu. Setelah di catat nomor series dan identitas pengguna uang palsu tersebut, perbankan melaporkan ke BI dan uang tersebut diracik atau dihancurkan oleh BI," ujarnya.

Menurut Tantan, temuan uang palsu tersebut dicatat secara rinci agar aparat kepolisian mudah melacak jaringan peredaraan uang palsu tersebut. Jika masih satu, atau dua yang beredar di wilayah belum dikhawatirkan, beda jika lebih 10 lembar tentu akan ditindak.

"Bank Indonesia terus memperbarui emisi uang buat mengantisipasi lonjakan uang palsu. Terutama, ciri-ciri keaslian yang diperbaruhi secara canggih dan tidak mudah dipalsukan," ujarnya.

Penulis : Nita
Editor : Bayu

Tidak ada komentar: