Bimtek Sistem Informasi Posyandu Perkuat Peningkatan Pelayanan Masyarakat - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juli 25, 2018

Bimtek Sistem Informasi Posyandu Perkuat Peningkatan Pelayanan Masyarakat

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan pelatihan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Posyandu Tahun 2018, Bertempat di Hotel Bangka City, Rabu ( 25/07/2018 ).

Kegiatan Bimtek yang diinisiasi DPMD Babel berlangsung selama dua hari ( 25 - 26 Juli 2018 ) dan diikuti para operator Posyandu Kabupaten / Kota se - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Babel, Yuliswan.

Sistem Informasi Posyandu (SIP) adalah tatanan dari berbagai komponen kegiatan Posyandu yang menghasilkan data dan informasi tentang pelayanan terhadap proses tumbuh kembang anak dan pelayanan kesehatan dasar ibu dan anak yang meliputi cakupan program, pencapaian program, penimbangan, serta peran lingkungan masyarakat.

" Konsep dasar Pokjanal Posyandu merupakan wadah koordinasi pengelolaan program pembinaan posyandu dari unsur pemerintah dan peran serta masyarakat didalam pelaksanaan program kegiatan," paparnya dihadapan para peserta kegiatan Bimtek saat penyampaian materi.

Pokjanal Posyandu didalam menjalankan fungsinya memiliki tugas dalam menyiapkan data dan informasi keadaan maupun perkembangan kegiatan terkait dengan pengelolaan posyandu serta menindaklanjuti sesuai dengan permasalah yang ada dilapangkan kemudian menyusun rencana  kegiatan tahunan serta
mengupayakan sumber dana untuk mendukung kegiatan posyandu.

" Kelompok ini memiliki tugas dan fungsi  terkait dalam pembinaan penyelenggaraan serta pelaksanaan bimbingan aplikasi," katanya.

Sementara, Sistem Informasi Posyandu bermanfaat sebagai dasar acuan bagi Kader Posyandu dalam memahami permasalahan sehingga dapat mengembangkan kegiatan yang tepat, sesuaikan dengan kebutuhan dan sebagai informasi yang tepat guna dan tepat waktu mengenai pengelolaan Posyandu demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat. ( Erwin ).

Tidak ada komentar: