BPBD Babel Giatkan Sosialiasi Antisipasi Musim Kemarau Rawan Kebakaran - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Juli 24, 2018

BPBD Babel Giatkan Sosialiasi Antisipasi Musim Kemarau Rawan Kebakaran

INRADIOFM.COM, Pangkalpinang -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghimbau masyarakat luas untuk menghindari pembakaran lahan atau hutan.

Perihal tersebut disampaikan Kepala BPBD Provinsi Babel Mikron Antariksa ketika ditemui di ruang kerjanya, Kantor BPBD Babel, Selasa ( 24/07/2018 ).

Dirinya menyampaikan memasuki musim kemarau dan mengacu pada Permen LHK Nomor P.9/menlhk/sekjen/kum.1/3/2018 tentang penetapan keadaan siaga/ tanggap darurat serta dalam rangka mensukseskan Asian Games Palembang - Jakarta 2018.

" Akibat dari asap hasil pembakaran dikawatirkan akan menganggu kegiatan pesta Asean Games 2018, dikarenakan jarak antara Bangka dengan Palembang tidak terlalu jauh," terang Kalak BPBD Babel

Mengantisipasi hal tersebut, Mikron Antariksa mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, TNI / Polri, BMKG, lembaga swasta, masyarakat serta pihak terkait lainnya untuk melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan disejumlah lokasi terlebih wilayah rentan terjadinya kebakaran.  

" Memaksimalkan upaya pencegahan kebakaran dengan menggencarkan  sosialisasi di tengah masyarakat baik melalui penyuluhan, kampanye, serta fasilitasi masyarakat itu sendiri," terangnya.

Lebih lanjut, Mikron juga menegaskan akan terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas pembakaran skala kecil seperti pembakaran sampah, mengingat kondisi angin kencang juga mendominasi di wilayah Bangka Belitung yang dapat menjadi pemicu kebakaran.

Karena itu, dirinya berharap peranan masyarakat dalam mengantisipasi kerawanan kebakaran di musim kemarau serta sikap peduli terhadap lingkungan sekitar terus ditingkatkan, dikarenakan peranan masyarakat menjadi penting dalam upaya penanggulangan dan penanganan kebakaran diwilayah lingkungan sekitar. ( Erwin ).

Tidak ada komentar: