Bujang Dayang Beltim Silaturahmi ke Bupati - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Juli 20, 2018

Bujang Dayang Beltim Silaturahmi ke Bupati

INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM – Sebanyak 20 orang finalis Bujang dan dayang Belitung Timur mengikuti audiensi dengan Bupati Beltim, Yuslih Ihza di Ruang Rapat Bupati, Jum'at (20/7/2018).

Didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Evi Nardi dan Ketua East Belitung Ambasador Community (EBAcom), Diki Purnama Saputra dan mantan Bujang Dayang 2017, para finalis diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan uneg-unegnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 40 menit tersebut, Bupati meminta kepada seluruh finalis agar dapat mensyukuri nikmat, karena sudah berhasil menjadi 10 besar yang terpilih. Menurutnya tak semua orang bisa melakukan apa yang berhasil mereka peroleh.

"Kalian semua harus bersyukur kemarin kan sudah lewat penyisihan, sekarang adek-adek semua ini jadi yang terpilih. Jaman saya atau Yusril dulu gak yang kayak gini, kalau ada mungkin ingin ikut juga," canda Yuslih.

Yuslih mengingatkan agar para finalis dapat menyiapkan diri untuk malam Grand Final mendatang. Ia ingin semua dapat menampilkan yang terbaik di hadapan ribuan penonton.

"Melatih kepercayaan diri itu harus, kalau perlu bawak supporter yang banyak biar nambah pede. Soalnya ratusan bahkan mungkin ribuan orang akan menonton adek-adek berjalan dan beratraksi di atas panggung. Jangan lupa berdoa, agar semuanya berjalan lancar," kata Yuslih.

Terakhir, Yuslih berpesan agar siapa pun yang nantinya terpilih jadi Bujang dan Dayang Beltim 2018, semuanya akan mendukung dan membantu peran serta tugasnya dalam rangka menjadi duta wisata Kabupaten Beltim.

"Begitu adek-adek masuk menjadi finalis, otomatis kalian semua sudah menjadi Anggota EBAcom. Tolong bantu promosikan wisata kita terutama, geopark dan keunikan lainnya agar minta kunjungan wisatawan ke Belitung Timur semankin meningkat," ujarnya.

Mak Inang Gelar Busana Pengantin Belitong
Seperti diketahui, Grand Final Bujang dan Dayang Belitung Timur 2018 rencananya akan berlangsung Sabtu, (21/7/2018) malam di Taman Segitiga Kota Manggar. Untuk mengisi acara tahun ini, panitia akan menyajikan berbagai macam suguhan salah satu diantaranya adalah Peragaan Busana Adat Pengantin Belitung Timur.

Sebanyak30 orang Mak Inang yang tergabung dalam Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARFI) Kabupaten Beltim akan memperagakan busana adat pengantin Belitung untuk dikenalkan ke masyarakat umum.

Ada 5 pasang busana adat pengantin yang akan kita tampilkan. Pakaian Penganten Jaman Bahelak atau Jaman dulu, Pakaian Penganten Transisi saat masih gabung dengan Palembang (Sumatera Selatan), Pakaian Penganten Beltim saat ini, dan dua pasang pakaian penganten modifikasi," ungkap Ketua HARFI Beltim, Nurima (60).

Nurima mengatakan jika HARFI sengaja tampil untuk mengenalkan pakaian adat pengantin agar masyarakat luas dapat tahu dan mengerti tentang adat istiadat serta pakaian yang menjadi simbol dan cikal bakal budaya suatu daerah.

"HARFI merupakan penggali wawasan budaya nusantara dari seluruh Indonesia. Kayak yang ada di Perda Beltim tentang pakaian penganten itu masih keliru, makanya akan kita kenalkan nanti mana pakaian pengantin Beltim yang benar," kata Nurima.

Selain peragaan busana adat pengantin Beltim, Panitia juga akan menggelar kolaborasi Ensamble Ethnic Sanggar Pinang Gading serta menghadirkan Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra.

Kita mengundang seluruh masyarakat Kabupaten Beltim dan sekitar untuk dapat menyaksikan dan memeriahkan Malam Grand Final Bujang dan Dayang Beltim 2018. Silahkan ajak kawan dan keluarga untuk hadir di Taman Kota Manggar," ajak Ketua Panitia, Peranciscus Aryanto. (HK)

Sumber : Diskominfo Beltim

Tidak ada komentar: