Dorong Efisiensi dan Efektivitas Anggaran, Bakuda Babel Sosialisasi Sistem Analisa Standar Biaya di Setiap OPD - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Juli 12, 2018

Dorong Efisiensi dan Efektivitas Anggaran, Bakuda Babel Sosialisasi Sistem Analisa Standar Biaya di Setiap OPD

INRADIOFM.COMPANGKALPINANG Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Babel Fery Apriyanto membuka kegiatan Sosialisasi Analisa Standar Belanja (ASB) dalam rangka penyusunan RAPBD TA 2019, di Ruang Rapat Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis, (12/7/2018).

Kepala Bakuda Babel Fery Aprianto saat ditemui pada kegiatan sosialisai yang diikuti peserta dari Bidang Perencanaan  Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerangkan bahwa didalam penyusunan anggaran pada prinsipnya harus memenuhi kaidah efektif dan efisiensi sehingga apa yang kita lakukan dapat menghasilkan efesiensi dan keefektifan dalam proses penerapan anggaran di setiap Perangkat Daerah.

" Dalam penyusunan anggaran, diwajibkan mengedepankan instrumen Analisa Standar Belanja ( ASB ) yang harus dipedomani di masing-masing Perangkat Daerah dalam menganalisis bagaimana tingkat kewajaran anggaran yang dirancang untuk disusun menjadi DPA pada setiap OPD," paparnya.

Kemudian, Sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada para peserta agar dapat memahami apa yang menjadi pokok - pokok landasan aturan yang mendasari penyusunan anggaran sehinga hasil yang di capai semakin maksimal dan anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan.

Sejauh ini, dijelaskan Fery Aprianto dalam penyusunan RKA kinerja Perangkat Daerah di Pemprov Babel sudah baik, akan tetapi kita ingin kedepan semakin hari penyusunan anggaran semakin lebih baik, hal ini dibuktikan dengan pencapaian Pemrov Bangka Belitung untuk pertama kalinya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ).

" Agar dapat mempertahankan pencapaian WTP, kita terus membenahi semua saran dan arahan yang disampaikan pihak BPK serta pengawasan secara internal sehingga apa yang menjadi kekurangan dalam hal penganggaran APBD dapat diperbaiki dari hari ke hari," harap Fery Aprianto.

Dirinya melanjutkan, menuju tata kelola pengelolaan anggaran yang lebih baik di Bangka Belitung sesuai Peraturan Gubernur No.32 Tahun 2018 terkait dengan Analisis standar belanja ( ASB ) dalam proses penyusunan anggaran dengan memperhatikan standar satuan harga dalam menganalisa kewajaran dari kegiatan yang diusulkan, apa yang dirancang dalam RKA, unsur-unsur kemanfaatan sehingga didalam penyusunan anggaran tidak ada perbedaan standar harga pada seluruh Perangkat Daerah dengan menggunakan pendekatan statistik. ( Erwin ).

Tidak ada komentar: