Forum Pengurangan Resiko Bencana Wadah Koordinasi Dalam Penanggulangan Bencana - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Juli 17, 2018

Forum Pengurangan Resiko Bencana Wadah Koordinasi Dalam Penanggulangan Bencana

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat melakukan inisiasi pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kasubdit Peran Lembaga Usaha BNPB Pusat, Firza Ghozalba mengatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan Provinsi yang ke - 19 yang melaksanakan pembentukan forum tersebut.

" BNPB melalui BPBD Babel menginisiasi Forum ini yang mana sebelumnya,18 Provinsi sudah terbentuk dari 34 Provinsi di Indonesia," ungkapnya, Bangka City Hotel, Selasa (17/7/2018).

Dirinya juga melanjutkan dengan telah terbentuknya formatur forum tingkat provinsi ini, diharapkan dapat berkelanjutan hingga tingkat Kabupaten / Kota se - Provinsi Babel, bentuk pola serta  mekanismenya seperti apa dikembalikan ke daerah masing -masing, berdasarkan kesesuaian kebutuhan daerah.

" Terpenting daripada forum ini terkait dengan legalitasnya, seperti : Badan hukum, ADRT, Struktur, Surat Keputusan, seandainya jika memungkinkan Pergub," tambahnya.

Kemudian, Forum ini juga sebagai wadah atau tempat untuk saling koordinasi, tukar pikiran antara stackholder, instansi, media, pihak swasta yang ada di Babel terkait penanggulangan bencana, bukan hanya berbicara saat bencana terjadi, namun prabencana serta pasca bencana, dimana mereka itu adalah partner Pemerintah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah. ( Erwin ).

Tidak ada komentar: