Jaga Aliran Sungai, Fordas Babel Ajak Jurnalis Berkontribusi Dalam Pelestarian Lingkungan - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Juli 19, 2018

Jaga Aliran Sungai, Fordas Babel Ajak Jurnalis Berkontribusi Dalam Pelestarian Lingkungan

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung BPDASHL Baturusa Cerucuk menggelar diskusi bersama Jurnalis, Bertempat di Kantor BPDASHL Bangka Belitung, Kamis (19/7/2018).

Diskusi dilakukan bersama Jurnalis, agar dapat berkontribusi bersama dalam rangka membangun kesadaran serta mengajak masyarakat Bangka Belitung dalam memahami betapa pentingnya kelestarian lingkungan dalam memanfaatkan dan melestarikan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Fadillah Sobri, Ketua Fordas Bangka Belitung dalam diskusi tersebut menyampaikan, Fordas sebagai lembaga sosial non profit berdasarkan Undang - Undang dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Fordas memberikan kontribusinya bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan kajian terkait dengan kebencanaan, terutama masalah banjir dan kekeringan, terkait dengan penyebab dan dampak, baik di Bangka maupun Belitung," paparnya.

Kemudian, Fordas Babel berkontribusi terhadap lahirnya Peraturan Daerah Aliran Sungai dan Pergub sebagai turunan Perda serta menjadi acuan Pemerintah Daerah dan lembaga terkait dengan kebencanaan di wilayah Bangka Belitung.

Bukan itu saja, aksi - aksi sosial terus digalakkan dalam rangka merawat dan menjaga lingkungan dengan melibatkan dan mengajak para pelajar, mahasiswa, serta masyarakat dengan melahirkan para relawan lingkungan, dikumpul dalam suatu wadah bersama untuk menjaga aliran sungai, menjaga lahan kritis.

"Dengan tidak henti - hentinya, Fordas mengajak dan menyampaikan ke masyarakat luas dalam menjaga sepadan sungai, sungai, dan aliran sungai, dengan melakukan tindakan aksi sosial," terang Fadilah Sobri.( Erwin ).

Tidak ada komentar: