Keterwakilan Perempuan Dalam Pembangunan Demokrasi Bangka Belitung - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juli 11, 2018

Keterwakilan Perempuan Dalam Pembangunan Demokrasi Bangka Belitung

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan bagi Calon Legislatif (Caleg) dan kader partai politik perempuan, di Hotel Puncak, Rabu (11/7/2018).

Kegiatan pelatihan ini dihadiri sekaligus dibuka Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Kepala DP3ACSKB Susanti, serta diikuti oleh 80 peserta berasal dari para Calon Legislatif ( Caleg ) dan kader partai politik perempuan se - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan mengikuti Pemilihan Legislatif pada tahun 2019 mendatang, Berlangsung sejak tanggal 11 hingga 14 Juli 2018, di Hotel Puncak, (11/7/2018).

Wakil Gubernur Abdul Fatah sampaikan saat membuka kegiatan bahwa pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dalam menyikapi kondisi keterwakilan kaum perempuan Indonesia pada lembaga legislatif termasuk di Babel yang dirasakan belum maksimal, Hal ini tercermin dari jumlah kaum perempuan yang berhasil menduduki kursi Legislatif dalam mengemban kepercayaan dan amanah masyarakat luas.

"Angka keterwakilan perempuan di lembaga legislatif saat ini sebesar 9,3%, karena itu melalui DP3ACSKB berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini dengan mengumpulkan serta memberikan pembekalan kepada Caleg perempuan agar mengambil peranan dalam proses pemilihan legislatif 2019 mendatang," terangnya kepada para kader perempuan partai politik.

Disampaikan Wakil Gubernur Abdul Fatah  pentingnya menjaga keseimbangan antara perempuan dan laki-laki, peraturan telah mewajibkan kepada Partai Politik untuk memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk mencalonkan diri sebesar 30% dari jumlah Calon Legislatif, mulai dari DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten se-Indonesia.

"Sejauh ini peranan wanita baru pada tataran lembaga eksekutif, tidak ada batasan antara kaum laki-laki dan Perempuan, mulai dari Kementerian, Provinsi, Kabupaten / Kota tidak ada masalah," kata Wagub Abdul Fatah.

Oleh karenanya, Wagub Abdul Fatah mengajak sekaligus berpesan dalam kontestasi Pemilihan Legislatif kepada kaum perempuan untuk dapat memanfaatkan dan merebut peluang dengan membangun diri dalam menguatkan semangat tanpa lelah berjuang, serta terjun langsung ditengah masyarakat dengan selalu berkomunikasi agar dapat mengetahui permasalah yang terjadi.

"Regulasi telah dibuka, Mari tidak kalah perempuan, tangkap peluang 30 % dalam pemilihan legislatif 2019 mendatang," ajak Wagub Babel Abdul Fatah. (Erwin)

Tidak ada komentar: