Komunitas Duta Wisata Beltim (EBAcom), Resmi Terbentuk - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Juli 03, 2018

Komunitas Duta Wisata Beltim (EBAcom), Resmi Terbentuk


INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM – East Belitung Ambasador Community (EBAcom) atau Komunitas Duta Wisata Belitung Timur resmi terbentuk. Peresmian ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Bupati Beltim mengenai Pembentukan EBAcom dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Evi Nardi kepada Ketua EBAcom, Diki Purnama Saputra.

EBAcom, merupakan wadah komunitas para finalis Bujang Dayang Beltim sebagai duta wisata untuk menjadi seorang tenaga sukarelawan yang melakukan kegiatan edukasi dan bimbingan wisata bagi masyarakat di Kabupaten Beltim.

Penggagas EBAcom, Peranciscus Aryanto mengatakan, duta wisata harus mampu menjadi pemandu wisata yang diberdayakan oleh pelaku pariwisata. Dan tak kalah pentingnya duta wisata juga sebagai sarana komunikasi bagi masyarakat untuk kegiatan kepariwisataan.

"Selama ini kita tahu kenyataan di lapangan terkadang tak sesuai dan menjadi tantangan bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dikarenakan duta wisata yang terpilih kurang terkoordinir dalam melaksanakan tugas dan visi yang telah mereka buat," kata Peran.

Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan Disbudpar itu mengungkapkan, beberapa faktor seperti belum adanya komunitas bagi duta wisata untuk menggerakkan bidang pariwisata, minimnya jumlah SDM yang terlibat, serta kurangnya kesadaran dalam pergerakan aktivitas di bidang kepariwisataan.

"Duta wisata hanya dijadikan sebatas penerima tamu atau seremoni semata. Selain itu kita akui juga minimnya apresiasi dukungan pemerintah daerah," ujarnya.

Diharapkan, nantinya dengan adanya komunitas para duta wisata Beltim akan lebih banyak dilibatkan dalam kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Beltim. Setiap event pariwisata mereka akan terjun langsung menjadi panitia.

"Tahun depan setiap event wisata akan dikelola oleh mereka. Ini pemberdayaan bagi mereka yang selama ini getol berbagi ide atau kegiatan untuk memajukan pariwisata kita," ungkapnya. (HK)
Sumber : Diskominfo Beltim

Tidak ada komentar: