Bangun Kesadaran Masyarakat, Awal Pelestarian Hutan Mangrove - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juli 04, 2018

Bangun Kesadaran Masyarakat, Awal Pelestarian Hutan Mangrove

INRADIOFM.COM, BANGKA TENGAH - Membangun kesadaran partisipasi masyarakat dan sikap peduli dalam menjaga kelestarian alam lingkungan menjadi faktor penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Hal ini disampaikan Idi Bantara, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Baturusa Cerucuk, Bangka Belitung, di Kawasan Hutan Mangrove Munjang, Kurau Barat, ketika diskusi bersama  awak media pada acara kunjungan Jurnalistik dalam rangka Program Perhutanan Sosial Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rabu (4/7/2018).

" Sebesar apapun modal yang dikeluarkan untuk menjaga keseimbangan alam tidak
akan berhasil, terpenting dari semua itu adalah kesadaran masyarakat sekitar, saya bangun kesadaran bukan fisik dan itu memerlukan proses panjang," terangnya.

Dalam diskusi Idi Bantara jelaskan kerusakan hutan mangrove di Bangka Belitung sudah sangat memperihatinkan dikarenakan dampak sendimen air atau endapan lumpur dan untuk melakukan penanaman diperlukan metode khusus dikarenakan kondisi air di kawasan tersebut  memiliki tingakat keasaman 2,7 sampai 3,2 sedang yang baik memiliki keasaman pada angka 6 sampai 7,  maka jika ditanami akan mengalami kegagalan.

" Diperlukan metode khusus didalam pembibitan mangrove agar dapat tumbuh dengan baik, dan melalui suatu metode yang saya namai " Manggrove Amfibi ", persolan dapat diatasi," jelasnya.

Sementara itu, kawasan lahan konservasi Mangrove di Desa Kurau yang memiliki luas mencapai kurang lebih 400 hektare, telah diberikan izin pengelolaannya kepada kelompok masyarakat seluas 213 hektare selain dapat memberikan manfaat kepada masyarakat juga dapat menjaga ekosistem alam.

Akar Mangrove memiliki akar yang kuat sehingga dapat menahan abrasi dan erosi sekaligus sebagai penyaring dan menjaga kejernihan air yang berfungsi sebagai filter.

Kemudian, menjaga habitat burung dan kelelawar sebagai habitat hidupnya dalam memulai rantai makanan, daun mangrove yang jatuh dan masuk kedalam air setelah sampai ke dasar air akan teruraikan oleh mikro organisme ( bakteri dan jamur )serta dapat melindungi dan memberi nutrisi bagi hewan ikan yang hidup  disekitar Mangrove.
( Erwin ).

Tidak ada komentar: