Penerbangan Udara Dominasi Inflasi Juni 2018 - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juli 04, 2018

Penerbangan Udara Dominasi Inflasi Juni 2018

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Pasca Perayaan Idul Fitri Juni 2018, Inflasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami kenaikan inflasi sebesar 1,63% (mtm), meningkat dari bulan sebelumnya yang mengalami deflasi 0,53% (mtm). Kota Pangkalpinang dan Tanjungpandan masing – masing mengalami inflasi 1,82% (mtm) dan 1,28% (mtm).

"Inflasi Juni didominasi oleh tarif angkutan udara seiring dengan kenaikan permintaan untuk mudik lebaran.Tarif angkutan udara memberikan andil sebesar 0,73% terhadap inflasi di Bangka Belitung, selain kelompok ikan segar dan sayur – sayuran juga mendorong inflasi bulan Juni," terang Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung, Tantan Heroika, Rabu (4/7/2018).

Berdasarkan kelompok pembentuk inflasi (disagregasi), inflasi utamanya bersumber dari kelompok administered price yang tercatat memberikan andil inflasi 0,91%. Sementara, kelompok volatile food dan kelompok inti masing – masing memberikan andil 0,65% dan 0,07%.

Kemudian, berdasarkan kelompok pengeluaran, kelompok  transpor, komunikasi dan jasa keuangan tercatat memberikan andil inflasi yang tertinggi yaitu sebesar 0,79%, yang disebabkan tingginya permintaan tiket pesawat untuk mudik lebaran, libur sekolah dan adanya event MXGP di Pangkalpinang, akan tetapi masih dibawah angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 3,12% (yoy).

Dengan realisasi pencapaian inflasi hingga Juni 2018, inflasi tahun 2018 diperkirakan masih dalam sasaran target yang ditetapkan Pemerintah. namun demikian dalam jangka panjang perlu adanya tindaklanjut yang lebih efektif untuk menjaga inflasi dari sub kelompok ikan segar.

"Dalam mengendalikan inflasi angkutan udara juga perlu dilakukan melalui penyampaian rekomendasi – rekomendasi yang bertujuan untuk mengendalikan inflasi kelompok angkutan udara", ujar Tantan. ( Erwin ).

Sumber : BI Perwakilan Bangka Belitung

Tidak ada komentar: